169 Rumah Tahfizh di Tanahdatar Waqafkan 1.374 Haafizh 1-3 Juz

Jumat, 28 Agustus 2020, 17:33 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
169 Rumah Tahfizh di Tanahdatar Waqafkan 1.374 Haafizh 1-3 Juz
Kabag Kesra Setdakab Tanahdatar, H Afrizon

VALORAnews - Waqaf 1000 haafizh bagi Tanahdatar merupakan momentum validitas lahirnya minimal 1000 haafizh setiap tahunnya, sebagai perwujudan visi kepemimpinan H Irdinansyah Tarmizi dan H Zuldafri Darma untuk mewujudkan Kabupaten Tahfizh.

"Akibat pandemi Covid19 yang melanda, Waqaf 1000 haafizh kelima tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya," ungkap Kabag Kesra Setdakab Tanahdatar, H Afrizon, Jumat (28/8/2020) melalui percakapan selular.

Dikatakan, waqaf 1000 haafizh tahun sebelumnya dilaksanakan terpusat di Istano Basa Pagaruyung. Karena kondisi Covid19, pelaksanaan tahun kelima akan dilakukan dengan sistem disebar per kecamatan dengan lebih melibatkan Forum Komunikasi Rumah Tahfizh (FKRT) baik kabupaten maupun kecamatan.

"Sampai hari ini, sudah teregistrasi 169 rumah tahfizh dengan tetap dikoordinir Bagian Kesra," ungkap H Afrizon.

Baca juga: Hendri Septa Apresiasi Hadirnya Rumah Quran Jannatu Adnin Rawang

Untuk seleksi, Afrizon menyampaikan, sama dengan tahun tahun sebelumnya. Terdiri dari 2 kelompok. Yaitu, Tahfizh 1 dan 2 Juz, yang diseleksi oleh Tim FKRT Kabupaten Tanahdatar dengan ketentuan, usia maksimal 12 Tahun atau masih SD/MI, Putra/i Tanahdatar dibuktikan dengan Kartu Keluarga, belum pernah Ikut Waqaf 1000 Haafizh sebelumnya, utusan Rumah Tahfizh, TPA dan SD / MI dan Pendaftaran: Juli-Agustus 2020

Tahfizh 3 Juz ke atas yang diseleksi Lajnah Tahfizhul Quran Tanahdatar dengan ketentuan Hafalan minimal 3 Juz, Putra/i Tanahdatar, dibuktikan dengan Kartu Keluarga, Usia tidak dibatasi, Pendaftaran terakhir 1 Oktober 2020

Jadwal pelaksanaan kegiatan, Pendaftaran: Juli - Agustus, Seleksi: September - Oktober dan Perayaaan: November - Desember

"Waqaf 1000 Haafizh Tanahdatar setiap dilaksanakan di tahun sebelumnya, selalu menghadirkan ulama, motivator tahfizh nasional seperti ustazd Subghi al Bughury, Yusuf Mansur. Rencana, tahun ini seyogianya akan hadirkan ustazd Adi Hidayat," terangnya.

Baca juga: Wako Padang Resmikan Rumah Tahfiz Masjid Baitunnikmah Parak Laweh

"Karena pandemi Covid19, batal dihadirkan tahun ini. Insyaa Allah di 2021 beliau kita hadirkan dan perayaan tahun ini akan dilaksanakan di masing- masing kecamatan oleh Rumah Tahfizh," tambah Afrizon.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: