Kader Ansor Padangpariaman Dilatih Penulisan Berita

Rabu, 19 Agustus 2020, 09:45 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Kader Ansor Padangpariaman Dilatih Penulisan Berita
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Padangpariaman, Alva Anwar beserta pemateri, foto bersama usai penutupan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan, Ahad (16/8/2020) di Kuraitaji, Pariaman. (istimewa)

VALORAnews - Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Padangpariaman, Alva Anwar menyebutkan, peningkatan kemampuan menulis kader Ansor penting dilakukan. Dengan pelatihan jurnalistik ini, bisa jadi bekal pengetahuan terkait menulis berita dan menulis di media massa.

Demikian diungkapkan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Padangpariaman, Alva Anwar pada penutupan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan, Ahad (16/8/2020) di Kuraitaji, Pariaman. Pelatihan Jurnalistik berlangsung sejak Sabtu (16/8/2020) dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Tampil sebagai narasumber, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pariaman/Kabupaten Padangpariaman, Ahmad Damanhuri dan Pimpinan Redaksi Sitinjausumbar.com Armaidi Tanjung.

"Alhamdulillah, pelatihan jurnalistik ini mampu memberikan wawasan dan memotivasi kader untuk mulai menulis. Ke depan diharapkan akan lahir kader Ansor yang memiliki kemampuan menulis dengan baik," harap Alva Anwar.

Baca juga: PJS Bukittinggi Gelar Pelatihan Jurnalistik, Sekda: Jadilah Wartawan Profesional

Sementara, Ahmad Damanhuri Tuanku Mudo mengungkapkan, kader Ansor Kabupaten Padangpariaman harus membuat tulisan terkait dengan berbagai kegiatannya. Hal ini penting dilakukan untuk menularkan informasi terkait apa yang sudah dilakukan.

Menurut dia, PC GP Ansor Padangpariaman, harus membuat media sendiri, minimal media sosial atau media online yang saat ini dengan mudah dibuat asal ada kemauan. Sehingga, lebih leluasa dalam menyampaikan informasi organisasi dan aktifitas kader.

"Karena itu, kemampuan menulis sangatlah penting dimiliki kader Ansor. Agar memiliki kemampuan menulis, maka harus didahului dengan aktifitas banyak membaca. Orang yang tidak banyak membaca, tentu akan sangat sulit menulis," kata Ahmad Damanhuri yang juga mantan Ketua PC GP Ansor Padangpariaman ini.

Ketua Penasehat GP Ansor Padangpariaman, Zeki Aliwardana menambahkan, kemampuan menulis kader Ansor memang harus ditingkatkan. Karena kenyataannya, masih sulit menemukan kader Ansor yang mampu menulis di media massa, baik media cetak maupun media siber.

Baca juga: Wahyudi El Pangabean Lantik DPC PJS Pekanbaru

"Padahal, dengan menulis tersebut, kader Ansor juga turut meningkatkan literasi berbahasa generasi muda Indonesia. Rendahnya kemampuan menulis akibat tidak adanya budaya membaca di kalangan kader Ansor, disebabkan lingkungan yang kurang mendukung."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: