Fluktuasi Harga Emas akibat Pandemi Corona jadi Faktor Pemicu Inflasi Juli 2020

Selasa, 04 Agustus 2020, 20:51 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Fluktuasi Harga Emas akibat Pandemi Corona jadi Faktor Pemicu Inflasi Juli 2020
Info grafis.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Kelompok lain yang turut menyumbang deflasi pada Juli 2020 yaitu kelompok transportasi serta kelompok pendidikan dengan andil deflasi masing-masing sebesar -0,11% (mtm) dan -0,04% (mtm). Deflasi pada kelompok transportasi terutama disumbang oleh penurunan tarif angkutan udara dengan andil deflasi sebesar -0,12% (mtm) didorong oleh penyesuaian tarif batas atas angkutan udara.

Sementara itu deflasi pada kelompok pendidikan didorong oleh penurunan tarif bimbingan belajar dengan andil sebesar -0,04% (mtm) yang disebabkan oleh pemberian diskon dengan meningkatnya penerapan pembelajaran secara daring.

Di sisi lain, tekanan inflasi pada Juli 2020 berasal dari inflasi pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya dengan andil inflasi sebesar 0,11% (mtm) disebabkan oleh peningkatan harga emas perhiasan dengan andil inflasi sebesar 0,10% (mtm) seiring dengan fluktuasi harga emas dunia akibat ketidakpastian global akibat Pandemi Covid-19.

Baca juga: Inflasi Sumbar Tercatat Peringkat IV Nasional Periode Juni 2024, Ini Kata Gubernur

Dalam rangka pengendalian inflasi di daerah, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan berbagai upaya pengendalian inflasi. Berbagai upaya pengendalian inflasi juga telah dilakukan TPID Provinsi Sumatera Barat.

"Kedepan, diharapkan sinergi dan koordinasi TPID Provinsi, TPID Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dengan Pemerintah Pusat dapat terus ditingkatkan dalam rangka pengendalian inflasi daerah," harapnya. (vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: