Solsel Awali Coklit ke Pejabat Publik, Andi: Jadi Contoh agar Masyarakat juga Bersedia

Sabtu, 18 Juli 2020, 19:16 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Awali Coklit ke Pejabat Publik, Andi: Jadi Contoh agar Masyarakat juga Bersedia
Sekda Solsel, Yulian Efi dan keluarga, didata petugas Coklit didampingi Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Solsel, Andi Andrawan dan jajaran, Sabtu (18/7/2020). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - KPU Solok Selatan (Solsel), mulai Sabtu (18/7/2020) melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) sesuai instruksi KPU RI secara serentak.

Lokasi pertama yang jadi tujuan KPU Solsel, kediaman Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman yang berada di Jorong Sungai Rambutan, Kecamatan Sangir. Selain itu, beberapa rumah pejabat di Solsel juga dilakukan coklit serentak, di antaranya kediaman Sekretaris Daerah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD.

Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Solsel, Andi Andrawan mengungkapkan, penyelenggaraan Coklit ini sebagai bagian dari tahapan pemutakhiran data pemilu mulai 15 Juli hingga 13 Agustus.

Ia mengatakan, KPU Solsel dari semua tingkatan siap melaksanakan Pilkada serentak ini. "Kami prioritaskan ke publik figur, seperti kepala daerah, untuk menjadi contoh agar bersedia dicoklit," ungkapnya.

Baca juga: Polda Sumbar Siapkan 14 Personel jadi Walpri Dua Paslon Gubernur dan Wagub Pilkada Serentak 2024

Andi juga mengharapkan, warga masyarakat bisa membuka pintu rumahnya bagi para petugas yang akan mencocokan data.

Ia menambahakan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) No 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19, proses coklit bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Disebutkan dalam Pasal 5 PKPU 6/2020 bahwa PPDP yang melaksanakan Coklit harus menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, sarung tangan sekali pakai, hingga penutup wajah (face shield).

Para petugas juga diwajibkan untuk melakukan jaga jarak minimal 1 meter. Kemudian, tidak melakukan jabat tangan atau kontak fisik lainnya dengan orang lain.

Baca juga: Iqbal-Amasrul, Hendri-Hidayat dan Fadli-Maigus Sah jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Pilkada Serentak 2024

Selanjutnya, Sekda Solsel, Yulian Efi menyambut baik kedatangan KPU yang mendatangi rumahnya dalam kegiatan Coklit.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: