Gempabumi Interplate Berkekuatan 4,1 SR Goncang Painan

Selasa, 16 Juni 2020, 19:03 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Gempabumi Interplate Berkekuatan 4,1 SR Goncang Painan
Infografis.

VALORAnews -- Stasiun BMKG Padangpanjang mencatat, Selasa (16/6/2020), pukul 18.07 WIB, wilayah Painan, dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4.1 SR.

"Episenter terletak pada koordinat 1.40 LS dan 100.55 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 6 km Barat Daya Painan pada kedalaman 50 kilometer," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padangpanjang, Irwan Slamet dalam pernyataan tertulis yang diterima beberapa saat setelah gempa.

Dikatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempa interplate akibat penyesaran dalam lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di wilayah Painan dengan Skala Intensitas III MMI dan Kota Padang II MMI. Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan truk berlalu.

Baca juga: Seismograf BMKG Padangpanjang Catat Ada Gempa di Korea Utara, Rahmat: Terindikasi Ujicoba Nuklir

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. "Hingga pukul 18.37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ungkap dia. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: