Prof Duski Samat Lantik Abdul Rahman Dilantik jadi Ketua DMI Solsel

Selasa, 18 Februari 2020, 14:01 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Prof Duski Samat Lantik Abdul Rahman Dilantik jadi Ketua DMI Solsel
Ketua DMI Sumatera Barat, Prof Duski Samad melantik Pengurus Daerah DMI Solsel yang dipimpin Abdul Rahman, di aula Sarantau Sasurambi kantor bupati Solsel, Selasa (18/2/2020). (humas)

VALORAnews - Abdul Rahman dilantik sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Solok Selatan. Pelantikan dilakukan Ketua DMI Sumatera Barat, Prof Duski Samad di aula Sarantau Sasurambi kantor bupati Solsel, Selasa (18/2/2020).

Dalam sambutannya, Prof Duski Samad mengharapkan, keberadaan DMI Solsel yang dipimpin Plt Bupati Solok Selatan, didukung semua komponen termasuk dari jajaran eksekutif pemerintahan kabupaten/kota.

"Alhamdulillah, ini kepala daerah kedua yang kita lantik jadi ketua Dewan Masjid. Sebelumnya, telah kita lantik Wakil Bupati Padangpariaman menjadi ketua DMI," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan hasil survey LSI tahun 2019 menunjukkan 52% pembentukan pemahaman keagamaan umat dibentuk melalui masjid. Oleh karena itu kedudukan masjid menjadi strategis.

Baca juga: Pemilu 2024: Pantarlih akan Datangi Rumah Pemilih, Abdul Rahman: Siapkan KTP Elektronik dan KK

"Termasuk di sini pentingnya keberadaan DMI yang berbasis di masjid-masjid yang ada dalam membentuk pemahaman beragama tersebut," terangnya.

Kepada pengurus yang dilantik, ia mengatakan, program Dewan Masjid harus fokus pada beberapa hal yakni bagaimana menjadikan masjid menjadi lebih baik dalam melayani umat. Kemudian, bagaimana memberdayakan masjid, baik secara ekonomi maupun berdaya untuk mencerdaskan pemahaman umat terhadap problematikan kehidupan sehari-hari. Terakhir, bagaimana pengurus yang ada dapat mendorong kemakmuran itu sendiri.

Ia menambahkan, DMI merupakan wadah yang sangat strategis untuk melayani umat, walaupun pengurusnya tidak ada mendapatkan gaji atau imbalan dari amanah yang diembannya.

"Untuk masalah insentifnya, Insyaa Allah nanti didapatkan di akhirat kelak, beratus-ratus kali lipat," ucapnya.

Baca juga: Rapimwil DMI Sumbar Sepakati Perpanjangan Masa Bakti, Lahir 8 Rekomendasi termasuk Soal Pemilu

Jalin Hubungan

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: