Solsel Ikuti Pembahasan Pembahasan Covid19 dengan Gubernur, Ini Hasilnya

Senin, 16 Maret 2020, 21:05 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Ikuti Pembahasan Pembahasan Covid19 dengan Gubernur, Ini Hasilnya
Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi, mengikuti rapat penanganan Covid19 di Sumbar, yang berlangsung di Padang, Senin (16/3/2020). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Salah satu poin yang disepakati dalam pertemuan antara gubernur, bupati dan wali kota se-Sumatera Barat adalah, untuk tidak meliburkan sekolah karena menilai penyebaran corona virus (COVID19) di daerah itu masih dalam skala ringan sebab belum seorangpun yang dinyatakan positif.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi, usai mengikuti rapat yang berlangsung Senin (16/3/2020) ini di Padang.

"Hasil rapat yang kita ikuti siang tadi menyimpulkan bahwa sekolah-sekolah tidak diliburkan, dengan berbagai pertimbangan yang ada termasuk kondisi Sumbar secara umum masuk dalam status ringan," ujar Yulian.

Secara umum, rapat menyimpulkan bahwa Sumbar masuk status ringan karena tidak terduga yang terjangkit atau masih kosong pasien positif corona. Dalam kondisi tersebut, persiapannya adalah jaga-jaga diri, pakai masker dan lain-lain yang bersifat umum.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Status sedang bila ada terduga yang peluang kemungkinan besar demam di atas 38 derajat. Langkah yang diambil adalah diperiksa kondisi kesehatannya.

"Status tinggi yang menjadi dasar untuk meliburkan satuan pendidikan adalah jika ada pasien yang terjangkit," ungkapnya.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut juga disampaikan agar setiap daerah membentuk gugus tugas untuk percepatan penanganan penyakit akibat virus corona atau Covid19 yang sudah berstatus pandemik global sehingga sudah menjadi bencana non alam.

"Gubernur dan bupati serta wali kota, dapat membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid19 nantinya," ujar dia.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Sebelumnya, pemerintah kabupaten Solok Selatan melalui surat edaran yang disampaikan Plt Bupati menyampaikan beberapa poin terkait kesiapsiagaan menghadapi virus yang sudah menyerang berbagai negara tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: