Padang Dibantu Rapid Test Covid19 oleh Yayasan Buddha Tzu Chi

Minggu, 29 Maret 2020, 18:37 WIB | News | Kota Padang
Padang Dibantu Rapid Test Covid19 oleh Yayasan Buddha Tzu Chi
Wako Padang, Mahyeldi menerima secara simbolis rapid test Covid19 dari Rukiat Sabit, mewakili Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Kota Padang, Widya Kesuma di kediaman wali kota, Ahad (29/3/2020). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang menerima 1.900 rapid rest atau alat deteksi cepat untuk memeriksa keadaan seseorang yang terinfeksi virus Corona atau Covid19 dari Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Padang.

"Atas nama Pemko Padang, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas bantuan yang diberikan Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Padang. Semoga ini bermanfaat untuk kita dalam mendeteksi pandemi Covid19 di daerah kita," ujar Wako Padang, Mahyeldi saat menerima bantuan itu di kediamannya, Ahad (29/3/2020).

Rapid test ini adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi akan dibentuk oleh tubuh, bila ada paparan virus Corona.

Penggunaan alat ini sangat sederhana yaitu melalui cara pengambilan sampel darah, kemudian serum darah diteteskan ke alat tersebut. Melalui alat tersebut dapat diketahui apakah orang yang darahnya diperiksa positif atau tidak terpapar virus Corona.

Baca juga: 17.487 KPPS di Padang Ikuti Rapid Test, Riki: Bagi yang Reaktif Tak Bisa Bertugas

Bantuan tersebut diserahkan Rukiat Sabit, mewakili Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Kota Padang, Widya Kesuma.

Menurut Rukiat Sabit, Yayasan Buddha Tzu Chi memberikan alat Rapid Test sebanyak 2.400, yang nantinya akan dibagikan untuk rumah sakit di Kota Padang dan rumah sakit di Bukittinggi.

"RSUD dr Rasidin Padang mendapat 260 rapid test, Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo 160 unit dan RSUP M Djamil Padang 1.480 unit. Sementara, sisanya untuk RSUD Dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi," ungkapnya.

"Yayasan Buddha Tzu Chi juga sudah memberikan 20.000 masker gratis untuk rumah sakit dan puskesmas di Sumatera Barat. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua," tuturnya. (rls)

Baca juga: Kimia Farma Sediakan Layanan Rapid Test di BIM, Ini Biayanya

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: