Sungai Kunyit Barat Luncurkan Profile Nagari secara Online

Senin, 09 Maret 2020, 16:41 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Sungai Kunyit Barat Luncurkan Profile Nagari secara Online
Wali Nagari SKB, Doni foto bersama dengan Asisten Administrasi Umum Setdakab Solsel, Amdani serta undangan lainnya, usai peluncuran profil nagari secara daring, Selasa (3/3/2020). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Nagari Sungai Kunyit Barat (SKB), kecamatan Sangir Balai Janggo, Solsel, memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan daerahnya. Di situ dipublikasikan Profil Nagari, e-data, Sistem Informasi (Sin) SKB, pemetaan daerah dan lainnya. Hal ini disebut-sebut baru pertama kali dibuat oleh nagari di Solok Selatan.

Wali Nagari SKB, Doni mengatakan, profil nagari yang diluncurkan Selasa (3/3/2020) oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Solsel, Amdani tersebut, bermula dari keinginannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik dalam hal administrasi, promosi nagari, keterbukaan informasi, maupun terkait penyediaan data yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh berbagai pihak nantinya.

Doni mencontohkan, di dalam aplikasi e-data tersebut memuat secara lengkap pemetaan kondisi geografis, sosial ekonomi, statistik masyarakat, potensi daerah, peta nagari lengkap dengan titik koordinat batas dan juga sebaran rumah penduduk, serta data lainnya

"Hal ini tentu bisa digunakan sebagai rujukan untuk pengembangan ekonomi masyarakat nantinya," ujarnya.

Baca juga: DONI MARTA Dipercaya Jadi Ketua DPD Partai NasDem Pessel

Dalam launching tersebut juga diluncurkan website nagari yang beralamat di http://sungaikunyitbarat.desa.go.id yang memuat berbagai aktifitas nagari dan data lainnya yang akan terus diupdate perkembangannya setiap saat oleh admin yang telah ditunjuk dan dilatih dalam pengoperasiannya.

Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengapresiasi atas inovasi yang telah dilakukan Nagari SKB tersebut. Sebelumnya pada tahun 2018 silam, nagari tersebut juga sudah melahirkan inovasinya yang lain.

"Ini adalah sebuah inovasi yang patut kita apresiasi bersama. Tahun 2018 silam, SKB juga telah menghasilkan inovasi berupa pengembangan tanaman nangka mini di setiap rumah di nagari tersebut," ucapnya.

Sebagai camat, menurutnya, ia terus mendorong setiap nagari untuk menghasilkan inovasi setiap tahunnya.

Baca juga: Sosialiasi Perda Kesejahteraan Sosial di Mapat Tunggul, Donizar: Pemerintah Berkewajiban Bantu Panti Asuhan

"Di Sungai Kunyit Barat ini ada profil nagarinya berbasiskan IT. Di Nagari Talunan Maju ada budidaya bonsai. Sungai Kunyit ada gula merah dari sawit. Dan di Talao akan ada pompa air tanpa listrik," ujarnya mencontohkan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: