Masyarakat Jangan Paranoid Hadapi Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020, 19:45 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Masyarakat Jangan Paranoid Hadapi Virus Corona
Staf Ahli Kementrian Kesehatan RI, Roby Pattiselanno didampingi Yusirwan Yusuf (Dirut.M Djamil) dan jajaran terkait lainnya, saat bertemu awak media di RSUP M DJamil Padang, Selasa (28/1/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Hingga saat ini belum ada terkonfirmasi warga Indonesia yang jenis virus Corona.

Untuk itu, masyarakat diharapkan tidak paranoid (takut yang berlebihan) terhadap berita yang berkembang mengenai virus tersebut.

"Waspada dan siaga wajib, tapi jangan paranoid," ujar Staf Ahli Kementrian Kesehatan RI, Roby Pattiselanno saat bertemu awak media di RSUP M DJamil Padang, Selasa (28/1/2020).

Menurut Roby, gejala Corona sama dengan gejala Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), seperti flu, suhu tubuh tinggi dan lainnya.

Baca juga: Bencana Banjir Hantam Sektor Perikanan Sumbar, Ini Paparan Mahyeldi ke Menteri KKP

Namun untuk memastikannya harus melalui pemeriksaan laboratorium.

Ia menambahkan saat ini pemerintah sudah menyiapkan Thermal Scanner di setiap Bandara guna mengecek suhu tubuh setiap penumpang yang baru turun dari pesawat.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Survelans Epidemiolog (PKSE) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Ildamsyah menjelaskan, setiap penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya dengan Thermal Scanner.

"Penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38 C akan diperiksa di ruang observasi kemudian dirujuk ke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut," terangnya.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Kepala RSUP M. Djamil Yusirwan Yusuf ditempat yang sama menyatakan pihak RSUP Siap untuk menangani pasien Corona.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: