15 Pabrik Danone-Aqua Raih Penghargaan Industri Hijau 2019

Senin, 16 Desember 2019, 21:25 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
15 Pabrik Danone-Aqua Raih Penghargaan Industri Hijau 2019
Vice President Operations Danone-Aqua, David Bidau menerima penghargaan Industri Hijau 2019 yang diserahkan Sekjen Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono, mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (16/

VALORAnews - Danone-Aqua mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya aktif dan bijak menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan, sehingga menciptakan efektivitas dan efisiensi untuk keberlanjutan operasional tiap pabrik.

"Saat ini, industri hijau sudah menjadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan," kata Sekjen Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono, mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita kepada perwakilan dari 15 Pabrik Danone-Aqua, Senin (16/12/2019) di Jakarta.

Dikatakan, penerapan konsep industri hijau bertujuan untuk mendorong berbagai perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi melalui penghematan biaya dan sumber daya alam.

"Kemenperin mempunyai dua strategi utama yaitu melalui kegiatan Penghargaan Industri Hijau, Sertifikasi Industri Hijau, Rintisan Teknologi Industri, Litbang Unggulan, dan Sarana Penelitian Industri Terapan," teranngya.

Ke-15 pabrik yang meraih Penghargaan Industri Hijau adalah Pabrik Ciherang, Subang, Cianjur, Mekarsari, Babakan Pari, Citeureup, Klaten, Wonosobo, Pandaan, Kebon Candi, Mambal, Airmadidi, Tanggamus, Solok dan Langkat.

Tiga dari 15 pabrik tersebut bahkan meraih Penghargaan Industri Hijau 2019 level tertinggi (level 5), yaitu Ciherang, Cianjur dan Subang. Keberhasilan ini didasarkan pada hasil audit dan verifikasi lapangan oleh Tim Industri Hijau yang telah dilakukan sejak Agustus 2019.

Sejak 2010, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Industri Hijau, sebagai salah satu upaya mendorong perusahaan industri manufaktur melakukan efisiensi penggunaan sumber daya material, energi, dan air dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Penghargaan Industri Hijau 2019 yang merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh kali ini diberikan kepada perusahaan industri nasional yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu Industri Besar, Industri Menengah, dan Industri Kecil.

Perusahaan yang mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 ini membuktikan sebagai pelaku industri yang terus bertransformasi menuju industri berbasis inovasi yang tangguh dan berdaya saing tinggi, serta tetap memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

"Seluruh pabrik AQUA di Indonesia telah memberikan upaya terbaiknya untuk menerapkan prinsip industri hijau dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari, yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak," kata David Bidau, Vice President Operations Danone-Aqua.

"Hal itu didasarkan pada visi yang diemban, One Planet One Health, melalui suatu pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat untuk menjaga agar bumi sehat dan lestari," tamnbah David Bidau.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: