Anggota GOW Solsel Dilatih Teknik Sablon Digital

Senin, 02 Desember 2019, 17:53 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Anggota GOW Solsel Dilatih Teknik Sablon Digital
Ketua GOW Solok Selatan, Ayu Abdul Rahman memberikan arahan saat membuka pelatihan sablon kaus digital bagi anggota GOW Solsel, di aula kantor bupati, Senin (2/12/2019). (humas)

VALORAnews -- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Solok Selatan, Ayu Abdul Rahman menyebutkan, beragamnya potensi pariwisata Solsel, menuntut pelaku usaha yang kreatif dan inovatif. Sehingga, menimbulkan peluang usaha baru. Salah satunya, usaha menciptakan baju kaos sebagai alternatif cenderamata bagi wisatawan.

"Organisasi wanita di Solsel, dapat memanfaatkan potensi ini untuk membuka bisnis kaos digital, sebagai oleh-oleh khas Solok Selatan bagi wisatawan yang berkunjung," ungkap Ayu saat pelatihan sablon kaus digital bagi anggota GOW Solsel, di aula kantor bupati, Senin (2/12/2019).

Dia berharap, pelatihan ini nantinya bisa meningkatkan pendapatan anggota organisasi. "Pelatihan ini diperlukan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan anggota GOW, sehingga kenal cara-cara membuat kaus dengan cara sablon," urainya.

"Teknik ini mudah diterapkan di rumah masing-masing. Selain hemat dan efisien juga sangat ramah lingkungan," tuturnya.

Baca juga: Gowes Keliling Kota Medan, Pj Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan

Narasumber pelatihan, Nova Hendri menjelaskan, menjalani bisnis kaus digital menggunakan mesin printer DTG (Direct to Garment) memang lebih mudah.

"Selain mendukung untuk pembuatan kaus dalam bentuk satuan, juga tidak menutup kemungkinan jika digunakan untuk cetak kaos dalam jumlah yang banyak," ungkap Nova Hendri yang juga pemilik Bengkel Print Sumatra Barat.

Ia menjelaskan, bahan yang diperlukan juga tidak banyak, cukup menyediakan Laptop/ komputer, Printer EPSON, Tinta sublime, Sublime paper transfer, Kaos polos warna putih bahan katun, Cairan treatment sublime, Compressor mini multi pro, Mesin press kaos dan kain teflon.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Marliyanti mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 65 orang dari anggota organisasi wanita se-Solsel.

Baca juga: Halal Bihalal DWP Agam, Ini Pesan Sekda

"Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan anggota organisasi wanita di Solok Selatan," harap Marliyanti yang juga Ketua Muslimat NU Solsel. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: