BI Sumbar Luncurkan QRIS di Pasar Raya Padang

Kamis, 12 Desember 2019, 20:48 WIB | Olahraga | Kota Padang
BI Sumbar Luncurkan QRIS di Pasar Raya Padang
Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa bersama Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama melakukan transaksi secara non tunai usai peluncuruan implementasi QRIS di Pasar Raya Padang, Kamis (12/12/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Wahyu Purnama menegaskan, Quick Respon Indonesian Standard (QRIS), merupakan sistem yang terhubung ke seluruh platform pembayaran digital yang ada. QRIS akan efektif berlaku mulai 1 Januari 2020.

"QRIS menyatukan seluruh platform pembayaran dalam jaringan (online) ke dalam satu server database. Selain itu, QRIS juga mencegah dominasi salah satu platform tertentu dalam proses transaksi non tunai," ungkap Wahyu didampingi Hendri Septa (Wawako Padang) saat meresmikan penggunaan QRIS di Padang, Kamis (12/12/2019).

Kegiatan yang diadakan di Pasar Raya tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Pasar, Endrizal serta sejumlah pedagang. "QRIS dapat menerima semua sistem pembayaran non tunai seperti Dana, Link, Go Pay dan lainnya," tegas Wahyu.

Wahyu menegaskan, diberlakukannya QRIS juga akan mengurangi fisik uang kartal yang beredar. Selain itu, penggunaan QRIS juga mempermudah transaksi karena tidak perlu repot dengan membawa dan menghitung uang. Begitupun dengan kasir yang tidak disibukan dengan uang kembalian.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

"Di segi keamanan, dengan QRIS masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak," terangnya. (vry)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: