Tambang Ombilin Sawahlunto jadi Warisan Dunia, Novrial: Maksimalkan Peluang Wisata Sejarah Ini

Kamis, 05 Desember 2019, 13:15 WIB | News | Kota Padang Panjang
Tambang Ombilin Sawahlunto jadi Warisan Dunia, Novrial: Maksimalkan Peluang Wisata...
Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial memberikan arahan saat membuka Pelatihan dan Peningkatan Sadar Wisata, Kamis (5/12/2019) di Kota Padangpanjang. (jhen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial mengatakan, kawasan tambang batubara di Kota Sawahlunto, telah ditetapkan Unesco jadi warisan dunia. Ini sekaligus jadi warisan kedua belas di Indonesia.

"Kita harus memanfaatkan peluang besar ini dengan mengemas narasi sejarah yang kreatif untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung dan berlama-lama di daerah kita," tutur Novrial sewaktu membuka acara Pelatihan dan Peningkatan Sadar Wisata, Kamis (5/12/2019) di Kota Padangpanjang.

Kegiatan ini bertema "Siap Mendukung Warisan Kawasan Tambang Batu Bara Ombilin."

Dikatakan, situs warisan dunia ini juga bercerita tentang sejarah perkereta apian di Sumatera Barat. Jaringan kereta api dibangun untuk mengangkut batubara yang ditemukan di Sawahlunto menuju Pelabuhan Telukbayur di Kota Padang.

Baca juga: Sosper No 1 Tahun 2020, Imral Adenansi Jelaskan Kewajiban Pemerintah Daerah di Pariwisata Halal

"Ada cerita yang panjang di sini. Diharapkan dengan pelatihan ini meningkatkan pemahaman untuk memanfaatkan peluang pariwisata yang besar ini," terangnya.

Pelestarian warisan budaya dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS) ini, melibatkan dukungan Kabupaten/Kota yang dilalui jaringan kereta api yaitu Kota Padang, Padangpariaman, Tanahdatar, Padangpanjang, Sijunjung dan Sawahlunto.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari 5-6 Desember 2019 itu, diikuti pemandu wisata dari berbagai kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan staf dinas pariwisata Kabupaten/Kota terkait.

Pemateri dari Asdep Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari, Dinas Pariwisata Sumatera Barat, BPCB Sumatera Barat dan DPD ASPPI Sumatera Barat. (jen)

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: