RSUD Solsel Dilengkapi Mobil Donor Keliling

Selasa, 13 Agustus 2019, 16:13 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
RSUD Solsel Dilengkapi Mobil Donor Keliling
Mobil operasional Unit Transfusi Darah RSUD Solsel. (humas)

VALORAnews - Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Solok Selatan terus melengkapi berbagai fasilitas dalam memenuhi kebutuhan darah bagi para pasien di RSUD tersebut. Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, UTD RSUD akan mendapatkan mobil operasional donor darah keliling yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan di lapangan nantinya.

"Perkiraan kita, September 2019 ini, mobil tersebut sudah dapat digunakan oleh UTD kita," terang Kabag TU RSUD, Fetri, di Padang Aro, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, mobil tersebut multi fungsi dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang pelaksanaan operasional kegiatan-kegiatan donor darah keliling.

"Jadi donor darah nantinya bisa dilakukan diatas mobil tersebut, karna didesign dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang donor darah di lapangan nanti," ungkapnya.

Baca juga: Sapa Relawan PMI di Lokasi Banjir Lahar Dingin Bukit Batabuah, Jusuf Kalla Sampaikan Terima Kasih

Sementara itu, ditemui di sela-sela kegiatan donor darah dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 di Kantor PMI Solsel Timbulun, dr Freddy Fitriady, penanggung jawab Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Solok Selatan mengatakan bahwa saat ini UTD memiliki kekurangan darah, khususnya golongan darah A.

"Ada 6 kantong golongan darah, khususnya Golongan A yang saat ini kita butuhkan di RSUD saat ini," ujar Freddy.

Freddy mengatakan, setiap bulannya rata-rata 200-250 kantong darah disiapkan oleh UTD RSUD dalam memenuhi permintaan pasien. Jumlah itu, menurutnya, masih belum bisa memenuhi kebutuhan yang semestinya harus disediakan.

Sekretaris PMI, Oriza berharap, agar kegiatan-kegiatan donor darah yang terus diadakan dalam berbagai kesempatan tersebut dapat membantu terpenuhinya kebutuhan darah di RSUD Solsel.

Baca juga: Galodo Sumbar, Jusuf Kalla: Jika Kurang, Tambahan Relawan PMI Siap Siaga

Oriza yang juga menjadi peserta donor darah pertama di kantor PMI tersebut mengatakan bahwa selama 2 (hari), Selasa hingga Rabu besok, pihaknya siap melayani para ASN dan juga masyarakat lainnya untuk menyumbangkan darahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: