Juru Pengairan Kota Payakumbuh Incar Gelar Nasional

Selasa, 25 Agustus 2015, 11:03 WIB | News | Kota Payakumbuh
Juru Pengairan Kota Payakumbuh Incar Gelar Nasional
Pj Gubernur Sumbar, Donny Moenek menyerahkan piala kepada Fahmul, juara Lomba Juru Pengairan Sumbar 2015 dari Kota Payakumbuh, usai upacara HUT RI ke-70, Senin (17/8/2015). (humas)

VALORAnews - Gelar juara provinsi baru saja diraih Fahmul Fiarizola, staf Bidang Pengairan Dinas PU Kota Payakumbuh. Untuk selanjutnya, juru pengairan wilayah utara ini, mewakili Sumatera Barat dalam Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional 2015.

Suami tercinta dr Helnia Rahmadhani ini, sejak Senin (24/8/2015), sudah berada di Yogyakarta, menjalani lomba tersebut, berhadapan dengan tim penilai pusat, hingga 28 Agustus 2015. Penghargaan dan piala Gubernur Sumatera Barat itu, sudah diperoleh Fahmul dan diserahkan gubernur pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Padang, 17 Agustus 2015.

"Prestasi yang diukir Fahmul, lanjutan dari prestasi yang diraih Kalimus, juru pengairan Payakumbuh Selatan, 2014. Kalimus sendiri, berhasil keluar sebagai juara II nasional dan berhak memboyong sepeda motor ke Payakumbuh," ungkap Kepala Dinas PU Payakumbuh, Marta Minanda didampingi Muslim (Kabid Pengairan), Senin (24/8/2015), di Balaikota Payakumbuh.

Dikatakan, tahun 2013, juru pengairan Payakumbuh juga mewakili Sumatera Barat ke lomba yang sama. Waktu itu, atas nama Yeri Siswanto, dan sukses merebut gelar juara harapan pertama di tingkat nasional. "Kita senang dan bangga, berarti sudah tiga tahun berturut dalam lomba ini, juru pengairan Payakumbuh mewakili Sumatera Barat ke pentas nasional," tambah Muslim.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Menurut Marta seperti dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh, seluruh peserta, perwakilan 33 provinsi, akan menyampaikan presentasinya di depan tim penilai pusat dan langsung akan menjawab seluruh pertanyaan tim penilai, dalam penanganan pengairan di daerah kerja masing-masing.

Sesuai PP No 20 Tahun 2006 tentang Irigasi dan Permen PU No 32 Tahun 2007 tentang Pedoman Operasi dan Pemeliharaan Irigasi, tugas juru pengairan di antaranya, mengawasi pekerjaan pemeliharaan irigasi dan operasi irigasi. Kemudian, merencanakan, melaksanakan, melaporkan pekerjaan irigasi dan pemeliharaan irigasi.

Selain itu, mengatur penyediaan air, pembagian air ke areal persawahan. "Tugas-tugas tersebut sudah dilakukan juru pengairan Payakumbuh dengan baik dan profesional," terang Muslim.

Di Payakumbuh Utara, Fahmul punya tanggung jawab mengawasi 870 hektar sawah, dialiri 15 daerah irigasi (DI). Payakumbuh Utara punya bendungan yang cukup strategis dan menjadi objek wisata air di kawasan Talawi, Kelurahan Ompang Tanah Sirah. (kyo)

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: