Wabup Solsel Tinjau Persiapan Reakreditasi Puskesmas Bidar Alam

Jumat, 28 Juni 2019, 18:43 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Wabup Solsel Tinjau Persiapan Reakreditasi Puskesmas Bidar Alam
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat kunjungannya ke Puskesmas Bidar Alam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman beserta Asisten II, Epli Rahmat dan OPD terkait, melakukan peninjauan fasilitas kesehatan di Puskesmas Bidar Alam, Sangir Jujuan, Kamis (28/6/2019).

Peninjauan tersebut bersamaan dengan persiapan puskesmas tersebut menghadapi penilaian re-akreditasi pada Senin mendatang.

Dalam peninjauan tersebut, Rahman menemukan banyaknya fasilitas yang perlu dibenahi dan dilengkapi, langsung menginstruksikan Dinas Kesehatan agar terus membenahi puskesmas yang ada, baik tampilan fisik, tempat tidur dan alat kasur yang layak, alat alat kesehatan, obat-obatan yang terjamin baik, sumber daya aparatur, dan sektor lainnya.

"Untuk pembenahan itu, kita siap mendukung alokasi anggaran kesehatan di APBD nantinya," tegasnya.

Baca juga: Pemilu 2024: Pantarlih akan Datangi Rumah Pemilih, Abdul Rahman: Siapkan KTP Elektronik dan KK

Rahman juga menyinggung tentang perlunya puskesmas-puskesmas agar sepenuhnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Kondisi saat ini, baru terdapat 1 (satu) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas dengan 1 (satu) BLUD yang membawahi beberapa Puskesmas.

"Dengan status BLUD penuh, puskesmas tentu mempunyai kewenangan dan pengelolalaan anggaran yang lebih leluasa, sehingga akan mendorong kualitas pelayanan menjadi lebih cepat," ujarnya.

Menurutnya, salah satu sektor penting dalam pelayanan masyarakat adalah pelayanan kesehatan. Pelayanan tersebut tidak sekedar persoalan administratif semata, tapi pelayanan yang betul-betul baik dirasakan secara nyata oleh masyarakat, yang ditandai dengan terlayaninya kesehatan masyarakat dengan baik dan berkurangnya keluhan-keluhan.

"Untuk itu saya mendorong puskesmas-puskesmas berstatus BLUD. Persoalan-persoalan yang nantinya muncul, tentu kita carikan solusi, termasuk kemungkinan subsidi anggaran dari APBD," jelas Rahman.

Baca juga: Solsel Serahkan LKPD ke BPK, Dana Penanganan Covid19 Ikut Dilaporkan

Menyangkut reakreditasi puskesmas, Sekretaris Dinas Kesehatan Solsel, Vera Elfiatri mengatakan bahwa seluruh puskesmas di Solsel (9 puskesmas) telah terakreditasi, baik dasar maupun madya. Sekali 3 tahun, akreditas puskesmas tersebut dilakukan penilaian ulang atau disebut dengan re-akreditasi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: