Forum Batajau Helat Enam Iven Budaya, Minus Kantor dan Zero Uang Kas

Rabu, 23 Oktober 2019, 14:41 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Forum Batajau Helat Enam Iven Budaya, Minus Kantor dan Zero Uang Kas
Wali Nagari Balah Hilia, menyerahkan surat keputusan sejumlah sanggar kesenian yang ada di nagari baru berusia 3 tahun itu, pada Festival Balah Hilia, digelar 19 Oktober 2019 lalu. (istimewa)

VALORAnews - Enam iven budaya sukses digelar Forum Batajau Seni Piaman sejak didirikan awal 2019 ini. Seluruh iven yang diinisiasi organisasi yang baru 'seumur jagung' itu, digelar dengan menggalang partisipasi masyarakat. Mambasuik dari bumi.

Salah satu iven kolaborasi mereka yang menghentak perhatian publik, Festival Balah Hilia pada 19 Oktober 2019 lalu. Bekerjasama dengan pemuda dan pemerintahan Nagari Balah Hilia yang baru dimekarkan tiga tahun lalu, berbagai grup seni di Sumbar tampil saling unjuk kebolehan. Tentu saja, performance mereka dalam bingkai seni budaya Minangkabau.

"Organisasi inilah (Forum Batajau Seni-red), yang jadi motor utama dalam menggerakkan kegiatan dengan cara langsung jadi eksekutor sembari berbagi pengetahuan dengan pemuda Nagari Balah Hilia tentang bagaimana menggarap sebuah iven secara baik," ungkap ketua panitia, Azhari Kurnia.

Ditemui disela kesibukan mereka menyiapkan Festival Gasiang Parit Malintang yang langsung digarap setelah Ferstival Balah Hilia, para pentolan Forum Batajau Seni Piaman membeberkan suka duka menjalankan organisasi mereka.

Baca juga: Komik Strip Da Audy dan Yuang Lala Diluncurkan, Ditulis Komikus Ajo Wayoik

"Kami berdiri pada awal 2019, tapi sebelumnya kami sudah membuat iven. Itu lucunya. Kalau yang lain bikin organisasi dulu baru bergerak, kami bergerak dulu baru mikirin payungnya," kekeh Wakil Ketua Umum Forum Batajau Seni Piaman, Ribut Anton Sujarwo.

Pria yang pernah meraih anugerah sebagai pemuda teladan tingkat provinsi Sumbar ini mengaku tak membayangkan, kalau organisasi yang ia nakhodai bersama Muhammad Fadhli (ketua Umum) bakal melesat sejauh sekarang.

"Dari awal, kami memang punya target-target yang jelas, yang intinya berkaitan dengan upaya membangun ekosistem kesenian yang sehat dan membangkitkan lagi minat masyarakat terhadap seni tradisi melalui inovasi-inovasi baik dalam karya maupun iven tempat menghidangkan karya tersebut," katanya.

Baca juga: Festival Rabab di Sungai Liku Sukses, Fadly: Pemuda Butuh Kepercayaan

Menurut Ribut, sebenarnya Forum Batajau Seni Piaman adalah sebuah organisasi yang terdiri dari sejumlah sanggar yang ada di kawasan Piaman (penyebutan kultural untuk wilayah penganut budaya Piaman, terdiri dari Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman-red).

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: