Pengabdian Masyarakat Dosen Akutansi FE UNP: Investasi Berbentuk Saham Belum Dilirik

Kamis, 19 September 2019, 19:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Pengabdian Masyarakat Dosen Akutansi FE UNP: Investasi Berbentuk Saham Belum Dilirik
Tim pengabdian pada masyarakat dosen Fakultas Ekonomi UNP bersama para guru dan pemateri, foto bersama usai pelatihan tentang saham dan bursa efek. (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Akuntansi dan Ekonomi SMA/SMK se-Kota Bukittinggi, diisi dengan pelatihan analisis fundamental dan teknikal saham. Pelatihan ini dilaksanakan tim dosen Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi (FE) UNP, di aula SMKN 2 Bukittinggi.

Salah seorang tim pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Ekonomi UNP, Erly Mulyani mengatakan, pada pelatihan itu para guru diajarkan cara-cara membeli saham dan melakukan analisis secara fundamental dan teknikal, sebagai alat analisis pengambilan keputusan investasi di pasar modal.

"Kita mengajarkan bagaimana caranya membeli saham dan memilih perusahaan yang bagus, untuk investasi," ujarnya didampingi dosen lainnya, Firman dan Gesit Tabrani.

Tak hanya itu, para guru juga diajarkan melihat laporan keuangan, rasio keuangan, menganalis perusahaan dengan melihat pertumbuhan perusahaan, yang dilihat dari utang dan modal perusahaan.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Terima Dividen dari Bank Nagari Rp 11,7 Miliar

"Ini supaya kita dapat memilih perusahaan yang bagus untuk investasi," sebutnya.

Dia berharap, dengan pelatihan tersebut, para guru sebagai ujung tombak pendidikan, bisa menularkannya kepada siswa-siswinya di sekolah.

"Investasi tidak harus mahal, dengan uang Rp100 ribu kita sudah bisa beli saham sebuah perusahaan. Jadi, investasi itu tidak saja tanah, rumah dan lainnya, tapi bisa saham," terangnya.

"Apalagi sekarang ini, di beberapa kampus sudah memiliki galeri investasi BEI yang memudahkan kita mendapatkan informasi seputar pasar modal," jelasnya.

Baca juga: Rp20 Juta Perbulan Tanpa Kerja? Ini Cara Paling Masuk Akal Untuk Dieksekusi!

Dia menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan pada 13-14 September 2019. Dengan mendatangkan pemateri Kepala BEI Perwakilan Sumbar, Panin Sekuritas dan dosen FE UNP. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: