Muzni Kagumi Fasilitas dan Aktivitas Dakwah MAIC Pasir Pangiraian yang Terintegrasi

Rabu, 18 September 2019, 10:58 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Muzni Kagumi Fasilitas dan Aktivitas Dakwah MAIC Pasir Pangiraian yang Terintegrasi
Rombongan jamaah Masjid Alam Surambi Sungai Pagu, berfoto bersama di depan Masjid Agung Islamic centre Pasir Pengaraian. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Ini betul-betul langka dan baru pertama kali, ada jamaah yang begitu banyak hingga ratusan orang yang dipimpin langsung bupatinya," ujar Abdul Haris.

Dalam paparannya, dia menjelaskan secara rinci terkait keberadaan Masjid Agung. Ia mengakui, diawal-awal pendiriannya, pembangun masjid tersebut di 2008, memang butuh energi ekstra untuk menjelaskan kepada publik dan juga pihak lainnya.

Apalagi, menurutnya, APBD Rohul pun tergolong kecil, yakni nomor 2 terkecil di Riau ketika itu. Tak sedikit pula yang bernada sumbang atas apa yang ingin mereka bangun.

Baca juga: Bupati Solsel Kumpulkan Pemuka Nagari Koto Baru Bahas Revitalisasi Kawasan SRG

"Masih banyak yang perlu kita bangun selain Masjid Agung tersebut. Kenapa harus bangun Masjid dengan dana yang sangat besar itu," ujarnya menirukan pihak-pihak yang berkomentar miring.

Tapi, terang dia, Pemkab tetap yakin untuk melanjutkan, karena yang akan mereka bangun adalah sebuah rumah ibadah dengan segala aktifitas untuk memakmurkan syiar Islam. Fase itu akhirnya berhasil dilalui dan banyak pihak bisa diyakinkan.

Maka, pembangunan dimulai 2008. Kemudian, 2010 diresmikan pemakaiannya. Namun, kondisi belum seperti sekarang. Masih sekedar ruang ibadah saja.

"Pada 2015, bisa kita selesaikan secara bertahap dengan total anggaran yang kita gunakan senilai Rp280-an miliar lebih," jelasnya.

Full Aktivitas Keagamaan

Rombongan Wisata Qur'an dengan menggunakan 4 unit bus Pemkab Solsel tersebut diketuai Ust Zulkarnaini Al Hafidz. Menurut, Ust Zulkarnaini, Wisata Qur'an dengan mengikutsertakan 150-an jamaah dan peserta lainnya tersebut, berlangsung dari Sabtu-Senin, 14-16 September 2019. Berbeda dengan wisata lainnya, karena diprogram dengan berbagai bentuk aktifitas keagamaan selama dalam perjalanan.

"Selain shalat berjamaah, kita juga programkan dhuha, tahajud, kultum, tadabbur alam, lomba surat Ar-Rahman, lomba bacaan Sayyidul Istghfar dan kegiatan lain, yang semuanya bertujuan untuk lebih mendekatkan diri jamaah kepada Allah SWT," tukas Ust Zul yang juga pimpinan Rumah Tahfidz di Pasir Talang ini.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: