Kelurahan Purus Luncurkan Program Keluarga Sajiwa

Jumat, 13 September 2019, 17:47 WIB | News | Kota Padang
Kelurahan Purus Luncurkan Program Keluarga Sajiwa
Kepala Puskesmas Padang Pasir, dr Winanda, memberikan arahan pada peluncuran program Keluarga Sajiwa (Keluarga Sadar Jiwa) di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kamis (12/9/2019). (veby rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, meluncurkan program Keluarga Sajiwa (Keluarga Sadar Jiwa). Hal ini dilatarbelakangi, semua orang beresiko mengalami masalah kejiwaan. Untuk itu, diperlukan dukungan keluarga dan lintas sektor dalam mencegah dan mengatasi masalah kejiwaan di tengah masyarakat.

"Masalah kejiwaan bukan hanya terkait obat dan pengobatan saja, tetapi lebih kepada penerimaan dan perlakuan keluarga dan masyarakat di sekitarnya," ungkap seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kesehatan Jiwa dan Napza DKK Padang, Siska Era Putri, Kamis (12/9/2019).

Dikatakan Siska, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengubah stigma masyarakat. "Jangan lagi menyebut kata 'orang gila.' Karena menimbulkan ketakutan dan stigma negatif. Tapi gantilah dengan istilah orang yang mengalami masalah kejiwaan," ujar Siska.

Orang yang mengalami masalah kejiwaan, menurutnya, perlu mendapat perhatian dan diperlakukan secara manusiawi selain penanganan medis.

Baca juga: Kelurahan Purus Usulkan Penambahan Puskesmas

Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya mengatakan, peran keluarga merupakan yang paling penting dalam mencegah permasalahan kejiwaan.

Komunikasi, interaksi serta hubungan yang harmonis didalam keluarga merupakan kunci utama dalam mencegah masalah kejiwaan.

"Pemerintah Kota Padang menghimbau dan mengajak masyarakat, untuk lebih menggiatkan program 18-21 dalam menciptakan kembali waktu berkumpul keluarga," ujar Fajri.

Melalui program 18-21, terang dia, keluarga dapat berkumpul dan membicarakan serta berdiskusi dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh anak.

Baca juga: Perpisahan Purna Tugas Babinkamtibmas Kelurahan Purus Dihadiri Ratusan Warga

"Di sinilah peran orang tua dalam mendengarkan curhatan si anak sehingga anak tidak mencari tempat curhat di luar keluarga," tambah Fajri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: