Dua Nagari di Solsel Dinobatkan jadi Nagari Sadar Hukum

Kamis, 05 September 2019, 18:32 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Dua Nagari di Solsel Dinobatkan jadi Nagari Sadar Hukum
Wabup Solsel, Abdul Rahman foto bersama dengan Wali Nagari Pakan Rabaa di Kec Koto Parik Gadang Diateh serta Nagari Pulakek Koto Baru di Kecamatan Sungai Pagu beserta camat masing-masing, usai menerima medali Anubhawa Sasana Desa di aula gubernuran Sumba
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan beserta dua kenagarian dan dua kecamatan, mendapatkan penghargaan dan medali Anubhawa Sasana Desa dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan dua nagari di daerah itu jadi nagari sadar hukum.

Kedua nagari tersebut yakni Nagari Pakan Rabaa di Kec Koto Parik Gadang Diateh serta Nagari Pulakek Koto Baru di Kecamatan Sungai Pagu. Medali penghargaan yang sama juga diberikan ke Camat Sungai Pagu dan Camat Koto Parik Gadang Diateh atas pembinaannya terhadap nagari-nagari tersebut.

Pemberian penghargaan ini digelar di aula gubernuran Sumbar di Padang, Kamis (5/9/2019). Penyerahan Piagam Penghargaan Anubhawa Sasana Desa tersebut diserahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), yang diwakili oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (Kepala BPHN) Kemenkum&HAM, Prof Benny Riyanto.

Di Sumbar sendiri, pada tahun 2019 ini terpilih 35 Desa/Nagari yang dinobatkan sebagai nagari Sadar Hukum

Baca juga: Pemilu 2024: Pantarlih akan Datangi Rumah Pemilih, Abdul Rahman: Siapkan KTP Elektronik dan KK

Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman menyampaikan apresiasinya pada nagari dan yang baru saja diresmikan sebagai Nagari Sadar Hukum tersebut. "Saya ucapkan apresiasi kepada Wali Nagari, masyarakatnya dan juga pihak kecamatan yang telah dipercaya menjadi nagari Sadar Hukum," ungkap dia.

Menurutnya, tidak mudah menjadi predikat desa sadar hukum, dikarenakan adanya beberapa syarat dan penilaian langsung yang dilakukan oleh pihak Kemenkumham. Ia juga berharap, dua nagari sadar hukum ini dapat dijadikan contoh oleh nagari nagari lain di Solsel.

"Mudah-mudahan, ini menjadi contoh bagi nagari lain. Bbagi nagari yang sudah ditetapkan agar dapat mempertahankan prestasinya. Karena hal tersebut tentu akan dievaluasi setiap tahunnya," ucapnya.

Walinagari Pakan Rabaa, Arpan Ali mengatakan, adanya penghargaan itu menjadi tantangan tersendiri bagi nagari dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar hukum ke depannya. Namun menjadi sesuatu yang juga disyukuri, karena penghargaan itu menandai nagari Pakan Rabaa dinilai memiliki masyarakat yang paham dan taat hukum.

Baca juga: Solsel Serahkan LKPD ke BPK, Dana Penanganan Covid19 Ikut Dilaporkan

Tipologi masyarakat di nagarinya, terangnya, selalu mengedepankan musyawarah dalam mencari solusi terhadap suatu persoalan. Tidak anarkis dan selalu menjaga kondusifitas nagari.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024