Siswi Ranah Batahan Harumkan Nama Sumbar di Lomba Bercerita Perpusnas RI 2019

Kamis, 05 September 2019, 21:22 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Siswi Ranah Batahan Harumkan Nama Sumbar di Lomba Bercerita Perpusnas RI 2019
Mariza Ilfani foto bersama dengan para pendamping Lomba Bercerita bagi Siswa dan Siswi SD/MI Tingkat Nasional 2019 pada 3-5 September 2019 di Jakarta. (istimewa)

VALORAnews - Utusan dari SDN 02 Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Mariza Ilfani berhasil jadi Pemenang Favorit pada Lomba Bercerita bagi Siswa dan Siswi SD/MI Tingkat Nasional 2019 pada 3-5 September 2019 di Jakarta.

Lomba yang digelar Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini diikuti oleh utusan dari 34 Provinsi se-Indonesia. Para utusan ini sebelumnya telah melalui tahap seleksi secara berjenjang di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Penampilan para peserta dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi dan ahli yaitu Subekti Makdriani, Indri Savitri, Sekar, Muhammad Awam Prakoso dan Kunduri.

Sumatera Barat sebagaimana tahun-tahun sebelumnya tidak absen mengirimkan utusannya dalam ajang lomba bergengsi ini. Tahun 2019 ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengutus Mariza Ilfani (12) untuk mengikuti Grand Final Lomba Bercerita bagi Siswa dan Siswi SD/MI Tingkat Nasional.

Baca juga: Wakajati Sumbar Resmikan Palanta Adhyaksa Pasaman Barat

Mariza Ilfani terpilih setelah melalui rangkaian seleksi ketat pada ajang lomba yang diselenggarakan sebelumnya oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, yang menyeleksi utusan 18 Kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

"Keberhasilan Mariza Ilfani adalah hasil kerja bersama kita dalam gerakan literasi di Sumatera Barat. Terakhir kali Sumatera Barat memperoleh pemenang Harapan satu pada 2013 lalu dan setelah itu belum mampu lagi untuk menorehkan prestasi masuk ke dalam 12 besar pemenang lomba bercerita yang diselenggarakan Perpusnas RI ini," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat, Wardarusmen, saat diwawancarai seusai acara.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, terangnya, berkomitmen untuk menggalakkan giat gerakan literasi menyeluruh, terutama yang paling penting bagaimana supaya minat membaca dikalangan generasi muda kita semakin meningkat, sesuai dengan target program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional.

"Salah satunya, dengan menggali cerita berbasis kearifan lokal di Sumatera Barat untuk kemudian dihimpun dan diterbitkan sebanyak-banyaknya," katanya.

Baca juga: KPU Pasbar Sahkan DCT Pemilu 2024, 498 Caleg dari 16 Partai akan Berebut 40 Kursi

Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat, Sutriarti yang ikut mendampingi Mariza Ilfani selama di Jakarta, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Dia berharap, dengan prestasi ini, dapat pula menjadi motivasi untuk seluruh generasi muda penerus bangsa putra-putri Pasaman Barat dalam meningkatkan minat baca sejak dini kedepannya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: