Mahyeldi Disambut Tradisi Joko Kaha di Ternate

Selasa, 03 September 2019, 17:59 WIB | Kuliner | Nasional
Mahyeldi Disambut Tradisi Joko Kaha di Ternate
Wako Padang, Mahyeldi dan rombongan, mengikuti tradisi Joko Kaha usai mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate sekitar 15.30 WITA, Selasa (3/9/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate sekitar 15.30 WITA, didampingi Kabag Perekonomian/Plt Kabag Humas Edi dharma, Kabid Ekonomi Bappeda Padang, Syahendri Barkah dan Kabid Promosi Dinas Pariwisata, Juni Nurzamza, Selasa (3/9/2019).

Mahyeldi akan menghadiri acara Indonesia Creatiave Cities Festival (ICCF). Sebuah perayaan potensi jejaring kabupaten/kota seluruh Indonesia serta kerjasama berkelanjutan. Kota Ternate dipercaya jadi tuan rumah ICCF yang ke-5 yang direncanakan berlangsung 2-7 September 2019.

Sampai di loby bandara, Mahyeldi disambut Kepala Dinas Pendidikan Ternate, Ibrahim Muhammad. Dikesempatan itu, juga dilaksanakan Tradisi Joko Kaha. Tradisi ini merupakan penghormatan bagi tamu yang datang di Kota Ternate. Joko berarti 'Injak' dan Kaha berarti 'Tanah'.

Baca juga: Sumbar Gagas Gerakan Tabungan Pajak, Ini Tujuannya

Tanah berumput diletakkan di sebuah piring, kemudian tamu yang datang dipersilahkan meletakkan kakiknya. Selanjutnya kaki yang menginjak tersebut di cuci dengan air dan kemudian dilanjutkan dengan tabur beras.

Tradisi ditutup doa bersama, berharap keselamatan selama menjalankan aktivitas di Kota Ternate. (rls/vry)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: