DPRD Padang Sahkan 4 Ranperda Inisiatif Sehari jelang Jabatan Berakhir

Senin, 05 Agustus 2019, 15:31 WIB | News | Kota Padang
DPRD Padang Sahkan 4 Ranperda Inisiatif Sehari jelang Jabatan Berakhir
Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti menyerahkan dokumen empat Ranperda inisiatif DPRD Padang yang disahkan dalam rapat paripurna, Senin (5/8/2019). (humas)

VALORAnews - DPRD Padang mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif dalam rapat paripurna yang digelar Senin (5/8/2019). Pengesahan empat Ranperda yang digawangi empat komisi di lembaga legislatif itu, ditandai dengan setujunya Wali Kota Padang.

Leempat Ranperda itu yakni Ranperda Inisiatif Cagar Budaya, Ranperda Inisiatif Perparkiran, Ranperda Inisiatif Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidayaan Ikan Kecil Masyarakat serta Ranperda Inisiatif Kota Layak Anak.

"Keempat Ranperda ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyejahterakan masyarakat," ungkap Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, pada paripurna yang dihadiri Wawako Padang, Hendri Septa itu.

Bersama Elly Thrisyanti, juga hadir dalam rapat paripurna terakhir wakil rakyat periode 2014-2019 --karena akan berakhir masa jabatan pada 6 Agustus 2019 itu--, para wakil ketua dan anggota DPRD Padang serta Sekretaris DPRD, Syahrul. Selain itu juga hadir unsur Forkopimda Padang serta sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait lainnya.

Baca juga: DPRD Bukittinggi Sahkan 2 Perda Usul Inisiatif di Masa Sidang II Tahun 2024

Dijelaskan Elly, Ranperda Inisiatif Cagar Budaya ini diusulkan karena melihat keberadaan Kota Tua di Padang yang perlu pengelolaan secara baik.

"Kita punya cagar budaya yang hampir mirip seperti kota tua Jakarta. Hal tersebut perlu dilestarikan sehingga bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk destinasi wisata," jelas Elly Thrisyanti.

Selanjutnya, Ranperda Inisiatif Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidayaan Ikan Kecil Masyarakat.

"Kita lihat nelayan cukup perlu diberikan regulasi-regulasi, sehingga mereka aman berlayar dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan," tukasnya.

Baca juga: DPRD Pessel Usulkan Perda Inisiatif Tata Niaga TBS Sawit, Karet dan Gambir, Ini 9 Pengusulnya

Kemudian, yang tak kalah pentingnya lagi, Ranperda Perpakiran. Menurutnya, perparkiran di ibu kota provinsi Sumbar ini perlu lebih dikelola dengan maksimal dan lebih baik lagi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: