Ini Persiapan Pemko Padang Padang Sambut Wisatawan Selama Libur Lebaran

Kamis, 30 Mei 2019, 21:40 WIB | News | Kota Padang
Ini Persiapan Pemko Padang Padang Sambut Wisatawan Selama Libur Lebaran
Wako Padang, Mahyeldi foto bersama dengan awak media usai buka bersama di palanta rumah dinas wali kota, Kamis (30/5/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi memperkirakan, wisatawan akan membanjiri objek-objek wisata seperti Pantai Padang meliputi Pantai Muaro Lasak dengan Tugu Perdamaiannya, Pantai Chimpago dengan tugu IORA-nya serta Pantai Muaro dengan latar Gunung Padang, pada libur lebaran 1440 H ini.

Kemudian, wisatawan juga akan memadati Pantai Air Manis, Kawasan Kota Lama Batang Arau, Jembatan Siti Nurbaya, Kawasan Gunung Padang dan Bukit Gado-Gado. Seturut juga berbagai kawasan wisata di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seperti Sungai Pisang dan pulau-pulau disekitarnya. Juga kawasan Pantai Pasir Jambak, Kawasan Lubuk Minturun dan tempat rekreasi anak- anak di Kawasan Tarandam.

Wisatawan diprediksi juga akan memadati pusat-pusat perbelanjaan seperti Transmart, Basko Mall, Plaza Andalas dan Kawasan Pasar Raya. Kemudian pada malam hari diprediksi wisatawan akan memadati kawasan wisata kuliner seperti kawasan Simpang Kinol, Kawasan GOR Agus Salim, Kawasan jalan M. Yamin, kawasan jalan Veteran, kawasan Simpang Haru, kawasan jalan Perintis Kemerdekaan di Jati serta tempat-tempat kuliner ternama lainnya.

"Pada libur lebaran tahun ini, pada 6 dan 7 Juni 2019, juga akan digelar Festival 10 Ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang akan melakukan pemecahan Rekor Muri," ungkap Mahyeldi saat

Baca juga: Apel Perdana Pascalebaran, Hansastri: Terapkan Disiplin dan Siap Bekerja Dimana Saja

. Event ini juga bakal diramaikan dengan beberapa atraksi seperti Barongsai, Gamad, Silat dan atraksi-traksi budaya Minang dan budaya etnis Tionghoa di kawasan mulai dari bawah Jembatan Siti Nurbaya sampai kawasan Kota Tua Batang Arau," ungkap Mahyeldi saat buka puasa bersama ratusan insan pers dan juga pimpinan redaksi media massa di rumah dinas wali kota, Kamis (30/5/2019). Dikesempatan itu wali kota didampingi Kadiskominfo Suardi dan Kabag Humas Imral Fauzi.

Bakal membludaknya pengunjung ke Padang, ungkap Mahyeldi, Pemko melakukan kerjasama dengan aparat kepolisian dan lainnya melalui Tim Saber Pungli. Tunjuannya, agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama berkunjung di ibu kota provinsi Sumbar ini.

"Pemerintah Kota Padang akan berusaha maksimal agar tidak terjadi tindakan-tindakan pungutan liar (pungli) atau penetapan harga makanan oleh oknum-oknum pedagang yang membuat perantau dan wisatawan merasa tidak nyaman saat berwisata dan berekreasi di Kota Padang," ujarnya.

Untuk memastikan keamanan itu, Pemko Padang menyiagakan 1.000 orang personil yang tersebar di objek wisata, pusat perdagangan dan pusat kuliner. Personel keamanan ini terdiri dari 350 orang Personil Satpol PP, 40 orang Personil Dinas Perhubungan, 50 Orang Personil BPBD dan Kelompok Siaga Bencana.

Baca juga: Hari Pertama Kerja di Pemkab Agam, Edi Busti: Awali dengan Semangat Baru

Lalu, 10 Orang Personil Taruna Siaga Bencana Dinas Sosial, 55 Personil Dinas Pariwisata dan didukung 40 Orang Baywatch di Bawah Koordinasi Dinas Pariwisata, 30 personil Dinas Pemadam Kebakaran, 120 orang Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, 2 unit Alat berat serta 5 orang orang personil Personil dari Dinas gabungan Pekerjaan Umum dan Kecamatan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: