Ini Caleg Terpilih di Dapil Padang IV, Amril Amin jadi Peraih Suara Terbanyak

Senin, 06 Mei 2019, 14:51 WIB | News | Kota Padang
Ini Caleg Terpilih di Dapil Padang IV, Amril Amin jadi Peraih Suara Terbanyak
Komisioner KPU Padang, Mahyudin dan Candra Eka Putra mengawal proses rekapitulasi perolehan suara peserta Pemilu 2019 di tingkat kota yang digelar KPU Padang, SAbtu (4/5/2019). (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Partai Amanat Nasional (PAN) jadi peraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) Padang IV yang meliputi kecamatan Padang Selatan dan Padang Timur pada Pemilu 2019 ini. Perolehan suara PAN di sini sebanyak 12.417 yang berimplikasi pada perolehan kursi jadi dua.

Selain itu, salah seorang Calegnya, Amril Amin, berpotensi menorehkan diri jadi Caleg peraih suara terbanyak di ibu kota provinsi Sumbar ini. Dengan perolehan suara sebanyak itu, PAN di Dapil Padang IV ini menyegel 2 dari 7 kursi yang tersedia.

Kejadian fenomenal lainnya di Dapil Padang IV ini, PKS dan Partai Gerindra yang mengoleksi 11 ribuan lebih suara pemilih, akhirnya hanya mendapatkan 1 kursi dengan merujuk metode penghitungan suara, divisor Sainte Lague.

Partai politik lainnya yang berhasil mendudukan kader terbaiknya di DPRD Padang periode 2019-2024 ini yakni Partai Demokrat, PDIP dan Partai Berkarya. Dari 16 parpol peserta pemilu 2019, hanya 6 parpol saja yang berhasil meraih kursi.

Baca juga: Pemilu 2024, 6 dari 7 Caleg Terpilih dari Dapil Padang IV Wajah Baru

Sumber data yang jadi rujukan http://valora.co.id, hasil pleno rekapitulasi perolehan suara 16 partai peserta pemilu 2019 yang dilakukan KPU Padang.

Untuk memastikan perkiraan perolehan kursi ini, semua pihak diharapkan menunggu keputusan KPU Padang dengan agenda penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih. Penetapan Perolehan Kursi dan Calon terpilih Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Paling ini dijadwalkan paling lama tiga hari setelah penetapan, putusan dismisal atau putusan makamah konstitusi yang jadwal dalam rentang waktu 18 April 2019 - 22 Mei 2019.

Dapil Padang IV ini jika dilihat secara demografi, penduduknya sangat majemuk. Di dua kecamatan ini, merupakan mayoritas bermukim etnis keturunan Tionghoa, India, Nias dan Minangkabau yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar.

Pada pemilu 2019 ini, Kota Padang terdiri dari lima Dapil yakni Dapil Padang I yang meliputi Kecamatan Koto Tangah (10 kursi), Dapil Padang II yang berlokasikan kecamatan Kuranji-Pauh (10 kursi), Dapil Padang III yang berada di kecamatan Luki-Lubeg-Bungtekab (10 kursi), Dapil Padang IV yang ada di kecamatan Padang Selatan-Padang Timur (7 kursi) serta Dapil Padang V yang melingkupi Padang Barat-Padang Utara-Nanggalo (8 kursi). (kyo)

Baca juga: KPU Sumbar Serahkan Surat Pemberitahuan Caleg Terpilih: Indeks Demokrasi Sumbar Kategori Sedang, Gebril: Kinerja DPRD Ikut Berperan

Berikut perkiraan caleg terpilih DPRD Kota Padang dari Dapil IV yang meliputi Padang Selatan dan Padang Timur (no urut perolehan kursi, caleg terpilih, peroleh suara pribadi dan total suara partai):

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: