Forum Batajau Seni Piaman #2: Tiga Ritme dan Gerak Amak-amak Benderangkan Kampuang Bendang

Senin, 29 April 2019, 18:53 WIB | News | Kota Padang
Forum Batajau Seni Piaman #2: Tiga Ritme dan Gerak Amak-amak Benderangkan Kampuang Bendang
Amak-amak Kampuang Bendang unjuk kebolehan dalam iven Kampuang Bendang Kampuang Tari, yang digagar Forum Batajau Seni Piaman, Ahad (28/4/2019) malam di lapangan bola eks SMEA Kampuang Bendang, Sungai Sariak, Padangpariaman. (istimewa)

VALORAnews - Sembilan grup tari, saling unjuk kebolehan dalam iven bertajuk 'Kampuang Bendang Kampung Tari,' Ahad (28/4/2019) malam. Salah satu yang memesona, aksi Amak-Amak Kampuang Bendang, menari dengan tiga ritme dan gerak yakni Minang, Jawa dan Batak.

Perfomance emak-emak ini diiringi musik dari Baringin Sati bersama Rian Ballopop Rafi, Andrias Pelantika dan Jefrizon. Sesuai namanya, olah gerak tubuh yang ditaja emak-emak ini, telah membuat kampung ini kembali benderang seperti namanya, Kampung Bendang.

Dalam sambutannya, Wali Korong Kampuang Bendang, Hanafi mengaku bersyukur, kegiatan ini dihadirkan di tengah masyarakat yang ia pimpin."Semoga kegiatan ini berlanjut tahun depan," ungkapnya.

"Apakah sepakat, kita menggelar lagi Kampuang Bendang Kampung Tari tahun depan," teriak Hanafi dihadapan penonton. "Iya...," jawab ratusan penonton yang memadati iven kedua dari Forum Batajau Seni Piaman ini yang digelar di lapangan bola eks SMEA Kampuang Bendang, Sungai Sariak, Padangpariaman.

Baca juga: Komik Strip Da Audy dan Yuang Lala Diluncurkan, Ditulis Komikus Ajo Wayoik

Kapalo Mudo Kampung Bendang, Taya, mewakili tokoh masyarakat, dalam sambutannya secara berapi-api membakar semangat kawula muda, untuk terus melestarikan kesenian. "Dulu Kampuang Bendang ini memang sesuai namanya, sangat benderang. Artinya, tersohor ke mana-mana," ungkap dia.

"Namun, beberapa tahun terakhir, benderang itu redup. Kini dengan adanya kegiatan ini, kita dapat berharap banyak, agar cahaya kampuang bendang menyala lagi seperti dulu," katanya dengan nada penuh harap.

Sementara itu, mewakili sponsor, Wen dari Abrofood menjanjikan, dipenyelenggaraan berikutnya, pihaknya akan memberikan support lebih besar jika iven ini dilanjutkan lagi di tahun depan. "Semangat bapak dan ibu di Kampuang Bendang ditambah semangat tim Batajau Seni, akan sangat berarti bagi kelangsungan iven ini kedepan," sebutnya.

Baca juga: Festival Rabab di Sungai Liku Sukses, Fadly: Pemuda Butuh Kepercayaan

Iven Kampung bendang kampuang Tari diinisiator Mastajabul Hakim, stage manager Wendy, set artistik Fuji dan Medun dengan koordinator umum, Sanadi. Iven ini didukung remaja Masjid At-Taqwa, PKK Kampuang Bendang serta pemuda dibawah koordinasi wali korong, Hanafi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: