PSU di TPS 37 Kuranji Bakal Jadi Penentu Kemenangan Caleg PAN dan Gerindra

Sabtu, 27 April 2019, 19:36 WIB | News | Kota Padang
PSU di TPS 37 Kuranji Bakal Jadi Penentu Kemenangan Caleg PAN dan Gerindra
Petugas KPPS TPS 37 Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Padang melayani pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada PSU yang digelar Sabtu (27/4/2019). (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Proses penghitungan suara pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019 di TPS 37 Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Padang jadi "intaian" sejumlah caleg yang berselisih suara tipis di Daerah Pemilihan (Dapil) Padang II yang meliputi Kecamatan Kuranji-Pauh.

Informasi yang dikumpulkan di lapangan, caleg yang berselisih suara tipis itu terdapat di Partai Gerindra yakni kurang dari 10 suara. Kemudian, Caleg PAN yang berselisih tak lebih dari 30 suara.

Memperhatikan hasil perolehan suara berdasarkan pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, PAN diperkirakan hanya dapat 1 kursi di Dapil Padang II ini. Caleg yang tengah bersaing ketat perolehan suaranya, Usmardi Thareb dan Yandri.

Sedangkan Partai Gerindra berpotensi dapat 3 kursi. Caleg yang bersaing ketat memperebutkan kursi ketiga antara Muzni Zein dengan Wahyu Hidayat.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Pascabencana, Jual Sebagian di Sumbar, Sisanya Silahkan Bawa ke Luar

Dapil Padang II ini terdapat 10 kursi yang diperebutkan 16 partai politik peserta Pemilu 2019. Dua TPS lainnya di Kecamatan Kuranji yang juga jalani PSU yakni TPS 33 di Kelurahan Sungai Sapiah dan TPS 36 di Kelurahan Gunung Sarik, tak akan memengaruhi caleg terpilih di tingkat Kota Padang. Karena, di dua lokasi itu, PSU hanya untuk pemilihan presiden, DPD dan DPR RI.

Ketua Divisi Teknis KPU Padang, Candra Eka Putra yang memonitor proses pemungutan suara di TPS 37 Kelurahan Kuranji ini, Sabtu siang, mengatakan, pemilih dalam DPT di lokasi itu sebanyak 272 orang.

"Saat proses pemungutan suara ditutup pukul 13.00 WIB, sebanyak 190 orang warga menggunakan hak pilihnya atau sekitar 69,85 persen. Ini sedikit lebih rendah dari partisipasi pada 17 April lalu," ungkap Candra didampingi Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Padang).

Informasi yang diperoleh, perolehan suara pribadi Caleg yang diajukan 16 partai peserta politik (Parpol) hanya dalam angka belasan saja pada pencoblosan 17 April 2019. Tak ada yang signifikan, mencapai jumlah puluhan, baik itu untuk Caleg PAN maupun Gerindra. (kyo)

Baca juga: Gratis, Dinas DKPP Agam Sediakan Layanan Uji Cepat Pangan Segar

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: