Ethical Hacker Indonesia dan Tordillas Siap Dampingi Peretas IT KPU asal Payakumbuh

Rabu, 24 April 2019, 11:09 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ethical Hacker Indonesia dan Tordillas Siap Dampingi Peretas IT KPU asal Payakumbuh
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komunitas Ethical Hacker Indonesia, lakukan mem-viralkan tanda pagar (tagar) #ARIKBUKANKRIMINAL, pada Rabu (24/4/2019) pagi.

"Jika kedepannya, teman-teman ada yang bernasib sama, silahkan hubungi saya melalui facebook ini ataupun melalui email teguh@hack.co.id. Kita dari Ethical Hacker Indonesia akan mengupayakan untuk memberikan pendampingan dan bantuan hukum," unggah Teguh Aprianto melalui akun facebooknya yang kemudian direply penggiat blogger dari Sumbar, Anton Hilman, Rabu pagi.

Berikut pendapat Teguh Aprianto terkait diamankannya, Arik Alfiki, remaja usia 18 tahun asal Kota Payakumbuh yang diamankan Tim Siber Mabes Polri, Selasa (23/4/2019).

Kemarin kita semua mendengar kabar bahwa Arik Alfiki ditangkap karena diduga melakukan illegal access ke website KPU.

Baca juga: Retas Sistem IT KPU RI, Tim Siber Mabes Polri Amankan Remaja Asal Payakumbuh

Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Setelah melakukan perbincangan langsung dengan Arik, berikut akan saya bagikan kronologisnya untuk menghindari pemberitaan simpang siur terkait masalah ini.

- 2 April 2019 Arik Alfiki Menemukan Bug Open Redirection di website KPU dan melaporkan melalui BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara)

- 3 April 2019 Balasan pertama dari BSSN mengucapkan terima kasih

- 4 April Balasan kedua meminta informasi pribadi seperti KTP dll

- 11 April 2019 Dihubungi salah satu anggota BSSN yang bernama Adria untuk memberikan informasi bahwa bug tersebut sudah diperbaiki

- 18 April 2019 Arik Alfiki memeriksa kembali web KPU apakah bug tersebut sudah ditutup dan melakukan penetration testing untuk menemukan bug yang lain namun tidak menemukan bug dan mendapatkan akses apapun ke website KPU

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: