Sosialisasikan BPNT, Amasrul: Data Valid Jadikan Bansos Tepat Sasaran

Rabu, 20 Februari 2019, 16:06 WIB | News | Kota Padang
Sosialisasikan BPNT, Amasrul: Data Valid Jadikan Bansos Tepat Sasaran
Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul membuka sosialisasi Program Bantuan Non-Tunai (PBNT) Padang 2019 di Padang, Rabu (20/2/2019). (humas)

VALORAnews - Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul mengatakan, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diluncurkan sebagai upaya untuk menyalurkan bantuan pangan yang selama ini melalui program raskin, agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

"Melalui program BPNT diharapkan dapat memberikan keleluasan penerima manfaat program dalam memilih jenis, kualitas, harga dan tempat membeli pangan," ujar Amasrul saat membuka sosialisasi Program Bantuan Non-Tunai (PBNT) Padang 2019 di Padang, Rabu (20/2/2019).

Dikatakan Amasrul, agar program ini tepat sasaran, maka harus ada data yang secara terus menerus divalidasi dengan menggunakan sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG) data BDT yang ada pada SIKS-NG menjadi acuan sasaran penerima program Bansos BPNT, PKH dan program lainnya.

"Oleh karena itu ketersediaan data yang valid, akan menjadikan penyaluran bantuan sosial yang tepat sasaran," terang Amasrul.

Baca juga: 820 Warga Bukittinggi Terima Bantuan Pangan Non Tunai Susulan Triwulan I

Amasrul menjelaskan, pada Tahun Anggaran 2019 pemerintah melalui Kemensos RI kembali memberikan kuota BPNT untuk Kota Padang sebanyak 25.281 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan alokasi dana sebesar Rp2,780 miliar lebih.

Untuk memperluas program BPNT melalui APBD Padang, juga telah dialokasikan dana sebesar Rp4,022 miliar lebih yang akan disalurkan pada 3.047 KPM.

"Kepada seluruh SKPD terkait, Camat dan Lurah melalui Tim koordinasi Bansos Pangan yang sudah dibentuk, diharapkan untuk dapat bersinergi dengan Tim Satgas Bansos Pangan yang sudah ditugaskan oleh Kapolresta Padang dalam mempersiapkan dan mengawal pelaksanaan program BPNT ini pada masing-masing wilayah," ujar Amasrul.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Padang, Afriadi menyampaikan, tujuan diadakannya sosialisasi BPNT antara lain untuk memberikan pemahaman yang sama kepada pemangku kepentingan mengenai kebijakan dan program BPNT dan memberikan pemahaman tentang adanya Tim Satgas Bansos dari kepolisian tentang pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran Bansos ini.

Baca juga: Nagari Gadut Miliki Layanan Publik Berbasis Elektronik

Peserta sosialisasi kegiatan BPNT Kota Padang 2019 ini berjumlah 126 orang yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Lurah se-Kota Padang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: