Korem WBR Ujicobakan Mikroba Bios 44 Atasi Kandungan Racun Air Danau Maninjau

Senin, 18 Februari 2019, 19:39 WIB | Wisata | Kab. Agam
Korem WBR Ujicobakan Mikroba Bios 44 Atasi Kandungan Racun Air Danau Maninjau
Wagub Sumbar, Nasrul Abit naik sampan meninjau keramba milik Korem 032/WBR di Danau Maninjau yang memanfaatkan Bios 44, Senin (18/2/2019). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi gagasan brilian Komandan Resort Militer (Korem) 032 Wirabraja, Brigjen Kunto Arief Wibowo bersama anggotanya melakukan berbagai hal perbaikan lingkungan dengan teknologi mikroba Bios 44, termasuk saat ini rencana perbaikan lingkungan Danau Maninjau, Agam.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit disela-sela acara Sosialisasi Bios 44, menjaga alam, mengatasi keramba Danau Maninjau dan lahan gambut untuk kesejahteraan rakyat, di ruang rapat Dandim 0304 Agam Bukittinggi, Senin (18/2/2019).

DHadir dalam kesempatan tersebut, Danrem 032 Wirabraja, beberapa andim, Kadis Perikanan dan Kelautan Sumbar, Yosmeri, Kadis Lingkung Hidup, Siti Aisyah, Kadis PSDA, BPBD Sumbar, Dinas PUPR.

Nasrul Abit menyampaikan, selama ini diketahui kondisi Danau Maninjau yang telah tercemar karena tumpukan makanan ikan, karena begitu banyak karamba yang mencemari danau.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Berbagai analisa telah dilakukan dan solusi dengan biaya cukup besar oleh Kementerian ESDM dan Kementerian PUPR, namun semua terkendala karena ada permintaan pusat agar mengurangi jumlah karamba menjadi 6.000 saja.

Sementara jumlah karamba telah mencapai 17.000 unit. Di sisi Peraturan Daerah ini juga tidak sesuai, sehingga sampai hari ini menjadi vakum tidak ada tindak lanjut.

Sekarang muncul gagasan dari Korem 032 Wirabraja yang ingin membantu menetralisir kembali alam lingkungan Danau Maninjau dengan teknologi mikroba Bios 44. Beberapa percobaan dalam skala kecil telah dilakukan, baik soal kualitas air danau serta lahan gambut sawit dan telah berhasil.

"Air dapat dinetralkan dan kebun sawit yang kurang produktif dapat produktif kembali," ungkap Nasrul Abit.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Danrem 032 Wirabraja, Brigjen Kunto Arief Wibowo dalam kesempatan itu juga menyampaikan, Bios 44 telah memberikan solusi di beberapa tempat di Sumatera Selatan, dan berharap ini juga akan dapat terjadi di Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: