80 Lulusan SMA di Solsel Ikuti Pelatihan Ujian Calon Anggota Polri

Senin, 11 Februari 2019, 18:35 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
80 Lulusan SMA di Solsel Ikuti Pelatihan Ujian Calon Anggota Polri
Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Epli Rahmad bersama peserta didik yang akan dibekali dalam menghadapi seleksi kepolisian.(humas)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memberikan pelatihan dan pembekalan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat bagi yang berkeinginan menjadi Polri, Senin (11/2/2019) di Aula Sarantau Sasurambi kantor bupati.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Epli Rahmat mengatakan, pelatihan dan pembekalan untuk siswa SMA sederajat se-Solsel ini untuk menambahkan minat generasi untuk masuk Polri.

"Walaupun anggaran APBD minim, namun Pemkab Solsel tetap berupaya memberikan perhatian untuk kaum milenial solsel. Dengan adanya pelatihan dan pembekalan ini maka generasi muda yang akan masuk polisi sedikit banyaknya telah mengenal seperti apa medan latihannya nanti," ujarnya.

Dijelaskan, sebelumnya tidak pernah pemerintah daerah memfasilitasi pelatihan untuk masuk polisi, baru di 2018 kemaren dan tahun ini dilaksanakan. Dengan adanya bantuan fasilitas pembekalan ini diharapkan kepada peserta mengikuti dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Kedepanya, mutu angkatan kerja perlu menjadi perhatian serius kita bersama, dengan membaiknya mutu angkatan kerja maka kita akan bisa bersaing dengan daerah lain dan mengurangi angka pengangguran.

"Kalau sekarang hanya bisa memperbaiki kendaraan bermotor tahun rendah, bagaimana nanti bisa memperbaiki motor yang sudah memakai sistem digital. Melalui pelatihan-pelatihan inilah, hal itu bisa dicapai," ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solsel, Basrial didampingi Kabid Tenaga Kerja, Dausmaini menyebutkan, peserta pelatihan dan pembekalan tahun 2019 untuk menjadi Polri berjumlah 80 orang. Sedangkan pada tahun 2018 kemaren berjumlah 83 orang.

Dari pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan 2018 itu, sebanyak 7 orang telah lolos menjadi Polri, 2 orang lolos di Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN).

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

"Dari pelatihan dan pembekalan tahun ini, diharapkan peserta yang lolos untuk masuk Polri semakin meningkat," pungkasnya. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: