Kementrian PDT Kucurkan 1 M untuk Prasarana Jalan Daerah Sulit Solsel

Selasa, 05 Februari 2019, 10:48 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Kementrian PDT Kucurkan 1 M untuk Prasarana Jalan Daerah Sulit Solsel
Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Solok Selatan, Efli Rahmat.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian PDT) Republik Indonesia bantu pembangunan jalan di daerah sulit di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat senilai Rp1 miliar.

"Dana Rp1 miliar dari Kementerian PDT untuk peningkatan jalan di Jorong Tandai Bukik Bulek supaya terkoneksi dengan jalan utama yang sedang dibangun melalui DAK sebesar Rp33 miliar," kata Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Solok Selatan, Efli Rahmat.

Dia mengatakan, pembangunan jalan Tandai Bukek Bulek yang non status akan membebaskan masyarakat setempat dari keterisolasian. Selama ini masyarakat setempat kesulitan akses sebab masih jalan tanah dan bantuan sehingga ini akan sangat membantu.

Jalan ini akan menghubungkan Jorong Tandai Bukik Bulek ke Ibu Kota Kecamatan serta terkoneksi dengan jalan yang sedang dibangun melalui DAK. Dia menyebutkan, anggaran Rp1 miliar tersebut akan dipergunakan untuk pengerasan sedangkan yang parahnya akan dibeton.

Baca juga: BAPEDALITBANG PESSEL Ikut Rakor PKM Kemendes PDTT

"Sekarang, prosesnya dalam tahap persiapan tender dan paling lama April 2019 sudah mulai pengerjaan sehingga bisa dinikmati warga lebih cepat," ujarnya.

Selain itu, ruas Taluak Aia Putih-Simpang PB-Muaro Bungo juga akan ditingkatkan jalannya melalui bantuan Kemenko Maritim senilai Rp33 miliar. Jalan ini, nantinya akan membuka akses Solok Selatan ke lintas Sumatera, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum.

Tandai sendiri berada dalam khusus Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sehingga perkembangannya lambat sebab terbentur regulasi. Di kawasan zona khusus TNKS tersebut terdapat empat jorong serta fasilitas umum seperti sekolah juga sudah ada. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: