Objek Wisata Camintoran Dibenahi, Miliaran Dana Dikucurkan

Selasa, 22 Januari 2019, 18:51 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Objek Wisata Camintoran Dibenahi, Miliaran Dana Dikucurkan
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria bersama Wakil Bupati, Abdul Rahman saat meresmikan villa di camintoran. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan (Solsel) kembali menggelontorkan dana besar dalam mewujudkan rencana penataan kawasan wisata terpadu di Camintoran di 2019 ini. Total sekitar Rp12,85 miliar bakal dialokasikan Pemkab, untuk pembangunan sejumlah fasilitas umum dan jalan menuju Camintoran.

"Keberadaan wisata Camintoran, merupakan hal yang menjanjikan menjadi sebuah kampung wisata terpadu dan terintegrasi di Solsel. Kita akan menata secara bertahap kawasan seluas 25 hektar ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan," kata Bupati Solsel, Muzni Zakaria usai peresmian proyek pengembangan agro wisata Camintoran lewat dana bantuan stimulan Kemendes PDTT dalam program pengembangan wisata di daerah tertinggal, Senin (21/1/2019).

Kemendes PDTT, ungkapnya, telah melirik wisata Camintoran sebagai destinasi yang bisa dijadikan agro wisata mutakhir. Oleh karena itu, Kementerian sendiri mendanai pengembangannya lewat dana DIPA sebesar Rp1,4 miliar tahun lalu.

Dana tersebut telah dipergunakan untuk membangun tiga unit villa, satu gazebo dan peningkatan jalan sepanjang 200 meter. Sebagaimana pesan Kemendes PDTT, tambah Muzni, pelaksanaan mesti dilakukan secara swakelola dengan tujuan melatih masyarakat akan pentingnya manajemen pengelolaan yang profesional.

Baca juga: Ekspose Camintoran Hantarkan Wartawan Liputan Solsel Raih Penghargaan

"Jika pekerjaan secara swakelola ini dapat berjalan dengan baik, maka Solsel akan berpeluang memperoleh bantuan lain dari Kemendes. Amanah itu sudah dijalankan dengan baik. Pekerjaan dilakukan secara swakelola oleh Kelompok Tani Dua Belas bersama masyarakat sekitar Camintoran. Laporannya akan segera kita bawa ke pusat, sembari mengusulkan bantuan lain," tukas Muzni.

Keberadaan wisata Camintoran sendiri, sambung Muzni, diyakini akan menjadi sesuatu yang positif dalam perwujudan cita-cita kesejahteraan daerah. Terlebih, nanti upaya peningkatan jalan dengan daerah tetangga seperti Dhamasraya dan Jambi juga terwujud. Maka itu akan menjadi peluang besar bagi Solsel menjadi daerah tujuan wisata utama di Sumbar.

Apalagi, masyarakat dewasa ini sangat haus akan berwisata. Segala tempat yang indah dan menarik tak pernah alfa untuk mereka singgahi. Solsel katanya, punya potensi wisata yang beragam. Mulai dari kawasan Seribu Rumah Gadang, Goa Batu Kapal, pemandian air panas, pendakian Gunung Kerinci dan yang teranyar perkampungan agro wisata Camintoran.

"Kita tak pernah putus jemput bola segala bantuan dana. Baik ke provinsi maupun ke pusat. Sebab, kendala utama yang dihadapi Pemda Solsel adalah anggaran itu sendiri. Tentu kita butuh dukungan semua pihak," ujarnya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Ditambahkan Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman, terkait pengembangan Camintoran, Pemkab tahun ini bakal mengalokasikan anggaran sekitar Rp12,85 miliar. Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus dan APBD Solsel.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: