BRI Mandeh Run akan Lewati Rute Jalan Baru Sepanjang 43 KM

Senin, 14 Januari 2019, 22:53 WIB | Sport | Nasional
BRI Mandeh Run akan Lewati Rute Jalan Baru Sepanjang 43 KM
Komut BRI, Andrinof A Chaniago bersama Arief Yahya (Menpar RI), Hendra Joni (Bupati Pessel), Ibnu Jamil dan Melissa Karim, memberikan keterangan pers BRI Mandeh Run 2019 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). (istimewa)

VALORAnews - Penyelenggara BRI Mandeh Run 2019 menargetkan, sedikitnya 2.000 pelari nasional dan internasional, akan ambil bagian dalam event yang akan diselenggarakan 3 Maret 2019 itu. Iven dengan sponsor utama Bank BRI itu, diharapkan jadi ajang promosi keindahan alam di kawasan wisata yang seringkali disebut "The Hidden Paradise" itu.

"Mandeh Run 2019 sebagai event sport tourism, sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Barat. Terlebih, Mandeh telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan mengandalkan wisata bahari sebagai keunggulannya," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Kawasan Mandeh terletak di Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Di kawasan perairannya, Teluk Carocok, terdapat gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare. Pada medio Juli 2015 lalu, Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan Mandeh sebagai kawasan wisata bahari terpadu.

Dikatakan Arief Yahya, lomba lari banyak diminati masyarakat dunia. Jika Mandeh Run 2019 ini mampu menggaet pelari tersohor jadi peserta, tentunya akan efektif jadi endoser. Dia akan memiliki media value tinggi sekaligus jadi ajang promosi efektif.

Baca juga: Sosper No 1 Tahun 2020, Imral Adenansi Jelaskan Kewajiban Pemerintah Daerah di Pariwisata Halal

"BRI Mandeh Run 2019 sebagai event sport tourism, efektif untuk mempromosikan pariwisata Mandeh," tegas Arief Yahya tentang keindahan kawasan wisata Mandeh yang juga mendapat julukan 'Raja Ampat Sumatera' itu.

Dalam jumpa pers itu, selain Arief Yahya juga hadir Komut BRI, Andrinof A Chaniago, Hendra Joni (Bupati Pessel), Ibnu Jamil dan Melissa Karim.

Andrinof A Chaniago yang juga tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh mengatakan, melalui olahraga lomba lari BRI Mandeh Run 2019, keindahan kawasan wisata Mandeh akan cepat dikenal oleh wisatawan di dalam negeri maupun mancanegara.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

"Pembangunan fasilitas jalan sepanjang 43 kilometer di kawasan Mandeh baru saja selesai. Kita manfaatkan untuk BRI Mandeh Run 2019 sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan Mandeh," kata Andrinof.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: