BRI Mandeh Run akan Lewati Rute Jalan Baru Sepanjang 43 KM

Senin, 14 Januari 2019, 22:53 WIB | Sport | Nasional
BRI Mandeh Run akan Lewati Rute Jalan Baru Sepanjang 43 KM
Komut BRI, Andrinof A Chaniago bersama Arief Yahya (Menpar RI), Hendra Joni (Bupati Pessel), Ibnu Jamil dan Melissa Karim, memberikan keterangan pers BRI Mandeh Run 2019 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). (istimewa)

Sementara, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, kawasan Mandeh telah banyak diminati wisatawan. Iven lari ini diperkirakannya, akan jadi ajang promosi yang besar bagi Kabupaten Pesisir Selatan. "Kawasan wisata Mandeh, ikon pariwisata Pesisir Selatan," kata Hendrajoni.

Pemkab Pessel, pada 2007 lalu telah menyusun master plan pengembangan kawasan wisata Mandeh yang memiliki potensi di dalamnya berupa terumbu karang seluas 70,32 ha, mangrove 313,32 ha, padang lamun 21,23 ha dan keragaman hayati seluas 404,55 ha.

Saat ini, kawasan wisata Mandeh dikembangkan berdasarkan zonasi yakni zona pariwisata bahari, rekreasi dan edukasi yang dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain; peningkatan kesadaran kolektif, pengembangan rencana kawasan wisata bahari, pengembangan kelembagaan pengelolaan kawasan pariwisata bahari serta pengembangan bisnis dan investasi pariwisata berbasis masyarakat.

Baca juga: Gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka 50 Persen Rampung, Pengelolaan melalui Skema Wakaf

Dalam ajang lari ini, partisipan akan berkompetisi pada kategori lari 5K, 10K dan 21K. Para pelari akan memperebutkan hadiah hingga Rp400 Juta. Selain para pelari, diperkirakan sekitar 300 wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara, akan turut hadir dalam ajang itu.

Kawasan Mandeh memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan kawasan wisata lain di Indonesia. Ada hamparan hutan tropis serta pemandangan laut yang fenomenal. Wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini, dimanjakan dengan berbagai macam pilihan aktivitas wisata seperti snorkeling, mendayung, diving dan jetski. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: