Konsumsi Makanan Olahan Serba Ikan Makin Meningkat

Sabtu, 24 November 2018, 08:39 WIB | News | Kota Padang
Konsumsi Makanan Olahan Serba Ikan Makin Meningkat
Ketua Forikan Padang, Harneli Bahar memberikan sambutan pada peringatan Harkannas (Hari Ikan Nasional) ke-5 Tahun 2018, di Pelataran Parkir GOR H Agus Salim Padang, Sabtu (24/11/2018). (humas)

VALORAnews - Mengonsumsi ikan, dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak anak. Karena, ikan sebagai bahan pangan dari sumber protein, memiliki keunggulan antara lain kandungan Omega 3 tinggi sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh.

"Mengonsumsi ikan, lebih sehat dan menyehatkan serta paling mencerdaskan dari mengkonsumsi makanan lain," ungkap Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Padang, Harneli pada peringatan Harkannas (Hari Ikan Nasional) ke-5 Tahun 2018, di Pelataran Parkir GOR H Agus Salim Padang, Sabtu (24/11/2018).

Dikatakan Harneli, Kota Padang merupakan salah Kota yang terletak dipinggiran Pantai, yang memiliki laut yang sangat luas, mempunyai kandungan ikan sangat banyak yang bisa dikonsumsi setiap hari.

"Jangan sampai masyarakat Kota Padang termasuk orang yang tidak suka makan ikan," ujar Harneli yang juga Ketua Penggerak PKK Kota Padang.

Baca juga: Forikan Agam Inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan, 1200 Mangkok Bakso Berbahan Ikan Dibagikan

Dijelaskan Harneli, jika melihat orang Jepang, banyak yang cerdas-cerdas. Ternyata, makanan pokok mereka lebih banyak mengonsumsi ikan dari pada makanan yang lainnya. "Hal tersebut perlu kita contoh," ajaknya.

"Saya mengimbau masyarakat Padang, selalu mengonsumsi makanan olahan yang serba ikan, agar anak-anak kita sehat dan cerdas, jangan terlalu banyak makan makanan yang siap saji," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Yosmeri yang juga ikut hadir pada peringatan Harkanas Tingkat Kota Padang 2018 menyampaikan, tahun ini terjadi peningkatan konsumsi ikan yang sangat bagus.

"Awal kita perkenalan tahun lalu, konsumsi ikan baru 23 income perkapita, sekarang sudah meningkat menjadi 36,6 income perkapita," ungkapnya.

Baca juga: KONSUMSI IKAN: Forikan Pessel Gelar Lomba Masak Serba Ikan

"Peningkatan ini terjadi karena kita sudah ada Forikan. Untuk Kota Padang diketua Ibu Harneli dan untuk Provinsi diketuai buk Nevi, Forikan ini juga sudah ada di setiap kabupaten dan bahkan disetiap nagari juga sudah ada," tambahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: