Revitalisasi Rumah Gadang Solsel Butuh 685 Meter Kubik, Ini Jenis Kayunya

Sabtu, 24 November 2018, 08:16 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Revitalisasi Rumah Gadang Solsel Butuh 685 Meter Kubik, Ini Jenis Kayunya
Salah satu rumah gadang yang akan di revitalisasi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solok Selatan, memcatat kebutuhan material kayu untuk proses revitatalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, sebanyak 685 meter kubik.

"Rumah Gadang yang akan direvitalisasi sebanyak 35 unit dengan kategori kerusakan ringan, sedang hingga berat. Kayu yang akan digunakan untuk pengganti, merupakan kualitas terbaik. Ada 10 jenis yang ditetapkan jadi kayu pengganti," katanya.

Jenis kayu yang akan digunakan untuk revitalisasi rumah gadang sudah ditentukan yaitu Kayu Jua, Banio, Timbalun, Kruwing, Kuranji, Kompe, Meranti, Surian, Marsawa dan Bayua.

Untuk rumah gadang rusak berat sebanyak 17 unit, dibutuhkan kayu 425 meter kubik, rusak sedang 240 meter kubik dan rusak ringan 20 meter kubik dengan berbagai ukuran. Untuk ukuran paling besar mencapai 20-30 centimeter.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Pemkab Solsel, katanya, sudah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Sumbar melalui UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Hulu Batanghari. "Mereka sudah menjamin ketersediaannya," ungkap dia.

Pihak KPHL, katanya, menyatakan bahwa potensi bahan baku kayu di Solok Selatan mencukupi untuk kebutuhan pekerjaan percepatan revitalisasi seribu rumah gadang sesuai dengan data izin usaha industri primer hasil hutan kayu.

"KPHL sudah menyatakan bahan baku kayu untuk revitalisasi mencukupi," katanya.

Dia menjelaskan, tahap perencanaan revitalisasi sudah selesai dan sekarang pihaknya masih menunggu informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, untuk persiapan lelang.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Untuk masyarakat sekitar, katanya, juga sudah siap menerima proses revitalisasi dan tidak ada lagi permasalahan dan mereka juga akan dilibatkan dalam proses revitalisasi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: