Revitalisasi Rumah Gadang Solsel Butuh 685 Meter Kubik, Ini Jenis Kayunya

Sabtu, 24 November 2018, 08:16 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Revitalisasi Rumah Gadang Solsel Butuh 685 Meter Kubik, Ini Jenis Kayunya
Salah satu rumah gadang yang akan di revitalisasi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Dalam proses revitalisasi, masyarakat setempat akan dilibatkan seperti penggunaan tenaga lokal untuk pengerjaannya," ujarnya.

Usulan rumah gadang dari masyarakat untuk direvitalisasi sudah lebih dari 50 unit, tetapi yang akan diproses tahap awal sebanyak 35 unit. Sebab, mereka sudah terdaftar sejak awal. Sedangkan sisanya masih baru, sehingga belum masuk dalam usulan ke kementerian.

"Untuk yang belum direvitalisasi, kemungkinan kami akan mencarikan dana CSR perusahaan karena banyak yang berminat membantu," katanya.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Saat ini, ada tambahan dua unit rumah gadang yang dipersiapkan untuk direvitalisasi melalui dana CSR perusahaan.

Kepala Bidang Tata Bangunan dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Solok Selatan, Yance Bastian mengatakan, sekarang tahapan revitalisasi rumah gadang sudah sampai finish perencanaan. Direncanakan, Desember 2018 akan dilaksanakan proses tender.

"Tender dilaksanakan di pusat dan daerah menunggu hasilnya dan siapa pemenangnya," ujarnya.

Untuk tenaga tukang, katanya, diutamakan yang di lokasi dan memenuhi syarat sebagai tukang tuo sebab dalam pembuatan rumah gadang tidak bisa sembarangan sehingga ada kriteria tukangnya.

"Sekarang, di lokasi seribu rumah gadang, ada sekitar 10 orang ditambah dari Kabupaten Solok dan Tanahdatar sebanyak 39 dan semuanya sudah diverifikasi oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Batusangka," ujarnya.

Revitalisasi kawasan seribu rumah gadang, diintruksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, dengan anggaran Rp110 miliar.

Selain rumah gadang, juga dilakukan pembangungan sejumlah fasilitas pendukung, seperti area peristirahatan, parkir dan menara pandang yang berada di luar kawasan yang kini telah menjadi cagar budaya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: