BPJS Kesehatan Solsel Validasi Peserta KIS

Jumat, 19 Oktober 2018, 16:55 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
BPJS Kesehatan Solsel Validasi Peserta KIS
Kepala BPJS Solsel, Rezna Afreyanti saat melakukan valifasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kecamatan Pauh Duo. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Solok Selatan (Solsel), gelar pendataan ke rumah warga. Hal ini dilakukan guna melakukan validasi data peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Solsel, Rezna Afreyanti saat melakukan validasi di Jorong Pekonina, Alam Pauh Duo mengatakan, tengah mendata warga dengan langsung bertemu warga dan perangkat nagari (desa).

"Kami melakukan validasi data peserta KIS, dengan mengambil data sample sekitar 150 kepala keluarga di Solsel. Kegiatan ini dilakukan selama sebulan hingga akhir Oktober ini," katanya.

Rezna mengatakan, dengan langsung turun kerumah warga di beberapa kecamatan, bisa didapatkan data seberapa banyak warga yang belum mendapatkan jaminan kesehatan.

Baca juga: MUI PESSEL Kerjasama dengan LPPL Radio Langkisau FM

"Di sini kita ketahui nanti, jika ada warga yang terdaftar namun belum mendapatkan kartu. Apakah, mereka belum mengambil kartu di kantor wali nagari atau bisa saja salah sasaran ke pihak lain yang kebetulan memilik nama yang sama," ucapnya.

Ia berharap, kunjungan itu mampu mengetahui kondisi dilapangan sembari melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Baik itu secara mandiri ataupun melalui pemerintah.

Sementara, Wali Jorong Pekonina, Istori mengatakan, program menyasar rumah warga yang dilakukan BPJS Kesehatan sangat baik.

"Ini bagus, karena masyarakat bisa langsung bisa bertanya dan mengetahui pentingnya jaminan kesehatan," katanya.

Baca juga: Dinkes Agam Pelajari Cara Bukittinggi Penuhi Target UHC

Sebelumnya, data dari BPJS kesehatan Solsel menyebutkan masyarakat Solsel yang memanfaatkan jaminan sosial kesehatan berjumlah 134.781 orang atau 75 persen dari jumlah penduduk di kabupaten ini sebanyak 178.687 orang.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: