Ini Kiat yang Dilakukan DKK Padang Capai Target Imunisasi MR

Sabtu, 29 September 2018, 18:39 WIB | News | Kota Padang
Ini Kiat yang Dilakukan DKK Padang Capai Target Imunisasi MR
Asisten Administrasi Setdako Padang, Didi Aryadi memberikan arahan pada sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan MR di Kota Padang yang diikuti kepala sekolah SD dan SMP se-Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Sabtu (29/9/2018). (humas)

VALORAnews - Capaian Imunisasi Measles Rubella (MR) di Padang per 28 September 2018, baru diangka 30,3 persen. Masih rendahnya capaian itu dan adanya perpanjangan waktu hingga akhir Oktober, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang akan terus menggencarkan berbagai upaya demi peningkatan capaian imunisasi yang dikhususkan bagi warga yang berusia 9 bulan sampai 15 tahun itu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani sewaktu kegiatan sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan MR di Kota Padang yang diikuti kepala sekolah SD dan SMP se-Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Sabtu (29/9/2018).

Ia menyebutkan, adapun target imunisasi MR secara nasional yaitu 95 persen. Sementara capaian dari awal Agustus hingga 28 September, baru menyentuh sebanyak 69.073 orang anak atau 30,3 persen. Sebagaimaa sasarannya sebanyak 227 ribu orang anak, berarti masih menyisakan lebih kurang 160 ribu lagi.

"Kalau di Sumatera Barat, Kota Padang berada diurutan kedelapan tertinggi dari 19 kabupaten/kota. Sementara, di tingkat nasional Sumbar merupakan provinsi urutan ketiga terbawah untuk pencapaian imunisasi MR," aku Feri.

Baca juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Padang Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang I dan Buka Masa Sidang II Tahun 2024

Oleh karena itu, ujar Feri, pihaknya tentu terus melakukan berbagai upaya bagaimana target 95 persen ini bisa dicapai. Di antaranya, melakukan sosialisasi ulang pada kepala SD dan SMP yang memiliki kelompok anak terbanyak yakni terdapat 90 ribu murid.

Kemudian, DKK Padang juga akan menggandeng da'i dan penyuluh yang ada di Kota Padang. "Kita melakukan pembekalan setelah itu melakukan sosialisasi MR dari masjid ke masjid. In Syaa Allah sebanyak 140 da'i kita libatkan," tuturnya.

Selanjutnya, DKK Padang juga akan bersinergi dengan Forkopimda seperti Polresta, Kodim 0312/Padang, Kejari dan instansi terkait dengan masing-masing jajarannya.

"Kita mengharapkan, bagaimana semuanya saling menyampaikan dan memastikan apakah anak-anak kita mulai berusia 9 bulan sampai 15 tahun sudah imunisasi MR atau belum. Kalau belum mari segerakan," imbaunya.

Baca juga: Wawako Padang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023, Syafrial Kani: Materi Akan Dibahas Pansus

Feri Mulyani memaparkan, mengejar target 95 persen imunisasi MR di Kota Padang juga melakukan penyuluhan secara berkelompok bagaimana menjelaskan kepada masyarakat bahwa pentingnya imunisasi MR bagi anak mulai berusia 9 bulan sampai 15 tahun.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: