Solsel Kampanyekan Imunisasi Measless Rubella

Selasa, 31 Juli 2018, 19:20 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Kampanyekan Imunisasi Measless Rubella
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, peluncuran kampanye imunisasi Measless Rubella di halaman kantor bupati, Senin (30/7/2018). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, peluncuran kampanye imunisasi Measless Rubella (MR) di halaman kantor bupati, Senin (30/7/2018).

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan, berdasarkan data Dinas Kesehatan di 2006, satu kecamatan di Solok Selatan mengalami wabah campak yaitu Kecamatan Sungai Pagu. Kondisi ini, perlu mendapat perhatian serius bersama untuk memutus rantai penularan penyakit ini.

Diharapkan, seluruh ASN untuk mendukung kampanye MR dengan menyosialisasikan dan mendorong anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di Solok Selatan, untuk mengikuti imunisasi tersebut.

"Kepada camat, saya perintahkan untuk dapat menggerakkan aparat pemerintah untuk mendorong semua anak usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk datang ke pos-pos pelayanan imunisasi," kata Muzni.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Bahkan, Muzni memerintahkan, camat agar menyisir sampai ke tingkat jorong untuk memastikan seluruh anak-anak terimunisasi.

"Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena bila ada satu saja yang tertinggal maka akan gagal memutus rantai penularan penyakit campak dan rubella," ungkap Muzni.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman menyebutkan, penyakit measles (campak) dan rubella, merupakan penyakit berbahaya. Selain menyebabkan kesakitan pada penderitanya, juga menimbulkan kecacatan, salah satunya cacat otak dan akan secara langsung berdampak pada perkembangan mental.

Kondisi ini akan sangat memprihatinkan, apabila menimpa anak anak di Kabupaten Solok Selatan yang merupakan calon generasi penerus.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

Melalui kampanye ini, katanya, diharapkan dapat memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: