Hari Pertama, Baru 3 Pasangan Calon Mendaftar di Pemilihan Serentak 2015 se-Sumbar

Minggu, 26 Juli 2015, 23:03 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Hari Pertama, Baru 3 Pasangan Calon Mendaftar di Pemilihan Serentak 2015 se-Sumbar
Pasangan calon Zul Elfian dan Reinier bersama istri dan partai pengusung serta massa pendukung, saat didaftarkan ke KPU Kota Solok dalam pemilihan serentak 2015, Minggu (26/7/2015). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Hari pertama pendaftaran pasangan calon pada pemilihan serentak 2015, Minggu (26/7/2015) per pukul 16.00 WIB, baru ada di Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan (Solsel) yang mendaftar. Total ada tiga pasangan calon yang diusung. Rinciannya, satu pasangan di Kota Solok dan dua pasangan di Solsel.

"Di Kota Solok, merupakan pasangan calon dari gabungan partai politik. Sedangkan di Solsel, adalah pasangan calon perseorangan dan gabungan partai politik," ungkap komisioner KPU Sumbar, Fikon Dt Sati, beberapa saat lalu.

Pada pencoblosan 9 Desember 2015 nanti, terdapat dua kota dan 11 kabupaten di Sumbar, yang akan melaksanakan pemilihan serentak dengan gubernur dan wakil gubernur Sumbar periode 2015-2020. Sedangkan lima kota dan satu kabupaten sisanya, hanya melaksanakan pemilihan kepala daerah tingkat provinsi.

Untuk pasangan calon di pemilihan walikota dan wakil walikota Solok periode lima tahun kedepan, koalisi Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB) serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengusung Zul Elfian dengan Reinier.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

Zul Efian merupakan wakil walikota Solok periode 2010-2015 yang berpasangan dengan Irzal Ilyas Dt Lauik Basa. Pada pemilihan serentak 2015 ini, pejabat petahana ini memilih berpasangan dengan seorang pengusaha, Reinier yang di pilkada 2010 lalu, juga ikut bertarung memerebutkan suara rakyat kota penghasil beras. itu.

Untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Solsel, pasangan calon yang mendaftar yaitu dari jalur perseorangan, Boy Iswarmen dan Fachril Murad. Saat ini, KPU Solsel masih dalam tahap memverifikasi berkas dukungan yang diberikan.

"Karena masa pendaftaran pasangan calon telah dibuka, maka pasangan ini memang bisa ikut mendaftar. Nantinya, jika ternyata bukti dukungan yang diberikan tidak memenuhi syarat, maka mereka tidak bisa ditetapkan sebagai pasangan calon," ungkap Fikon.

Sementara, satu pasangan calon lagi, diusung gabungan partai politik, Partai Gerindra (3 kursi), PAN (4 kursi), PKS (2 kursi) dan Partai Nasdem (2 kursi) dengan calon, Muzni Zakaria dan Abdul Rahman.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Keduanya, merupakan bupati dan wakil bupati Solsel periode 2010-2015. Pada pemilihan serentak kali ini, mereka kembali berpasangan. Muzni Zakaria dan Abdul Rahman ini, selain dukungan partai dengan total 11 kursi di DPRD Solsel itu, mereka juga didukung PPP dan PDIP. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: