Libur Lebaran Jaga Inflasi Sumbar, Ini Alasannya

Selasa, 03 Juli 2018, 19:34 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Libur Lebaran Jaga Inflasi Sumbar, Ini Alasannya
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Endy Dwi Tjahjono (Wakil Ketua TPID Sumbar) dan sejumlah pejabat terkait, memberikan keterangan pers seputar kebijakan menyambut lebaran 1439 H lalu di kantor BI Sumbar, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Faktor meningkatnya permintaan saat lebaran serta diiringi dengan peningkatan daya beli seiring dengan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) mendorong kenaikan harga komoditas kelompok ini. Lebih rinci, inflasi kelompok ini terutama disumbang oleh komoditas nasi dengan lauk, dendeng, dan ayam goreng dengan sumbangan inflasi bulanan masing-masing sebesar 0,02% (mtm).

Selain dari jenis makanan jadi, komoditas penyumbang inflasi kelompok ini juga berasal dari sewa kendaraan pribadi/rental dan tarif kendaraan travel dengan sumbangan inflasi sebesar 0,02 % (mtm) dan 0,01 % (mtm).

Sementara itu, laju inflasi kelompok volatile food terpantau melambat dengan masuknya periode panen dari sentra produksi serta imbas dari sejumlah upaya pengendalian harga Tim Pengendalian Inflasi di Sumatera Barat.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Hibahkan Tanah untuk Kampus Teknik Univesitas Negeri Padang

Laju inflasi kelompok volatile food pada Juni tercatat mengalami inflasi sebesar 0,44% (mtm) atau turun dibandingkan bulan Mei 2018 sebesar 0,98% (mtm). Secara spesifik, tekanan inflasi kelompok ini terutama berasal dari kenaikan harga komoditas jengkol dan petai dengan sumbangan inflasi bulan masing-masing sebesar 0,07% (mtm) dan 0,04% (mtm) terhadap keseluruhan inflasi di Sumatera Barat.

Tekanan inflasi kelompok ini tertahan lebih lanjut seiring dengan deflasi dari sejumlah bahan pangan strategis yakni cabai merah, bawang merah, bawang putih, daging ayam ras, telur ayam ras, dan daging sapi. (vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024