Kemenkominfo Susun Masterplan Smart City dan Penentuan Program Quick Win Kota Padang

Senin, 02 Juli 2018, 19:22 WIB | News | Kota Padang
Kemenkominfo Susun Masterplan Smart City dan Penentuan Program Quick Win Kota Padang
Asisten Ekbang Kesra Pemko Padang, Hermen Peri membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait persiapan, perencanaan dan koordinasi penyusunan masterplan Smart City dan penentuan Program Quick Win di lingkungan Pemko Padang di Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Cha
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pembangunan berbasis Smart City (kota cerdas-red), telah menjadi tren pembangunan kota atau daerah di dunia dan menjadi keniscayaan yang harus diadaptasi daerah atau kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Karena memang, pembangunan Smart City tidak sekedar mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saja. Namun terlebih bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung atau enabler.

Menyikapi itu, untuk melangkah menuju Smart City bagi Kota Padang sangat diperlukan adanya perencanaan yang matang dan menyeluruh dalam pembangunan kota yang disiapkan pemerintah saat ini. Pemko Padang pun sudah melihatkan keseriusan dalam rangka menuju ke arah kota dengan konsep tersebut.

Seperti antara lain dengan telah melakukan nota kesepahaman dengan Kemenkominfo tentang Implementasi Gerakan menuju 100 Smart City Kota Padang. Dimana Kota Padang terpilih sebagai salah satu dari 50 kota dan kabupaten di Indonesia pada 2018 ini.

Baca juga: Agam Raih Penghargaan Kategori Spesial ISNA 2024

Demikian disampaikan Walikota Padang diwakili Asisten Ekbang Kesra, Hermen Peri sewaktu membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait persiapan, perencanaan dan koordinasi penyusunan masterplan Smart City dan penentuan Program Quick Win di lingkungan Pemko Padang di Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Senin (2/7/2018).

Ia mengatakan, para ahli secara umum menyepakati ada enam parameter penting untuk mendukung terciptanya Smart City. Antara lain Smart Economy, Smart Mobility, Smart Government, Smart Environmental, Smart Living dan Smart People.

Untuk menopang gerakan ini, Pemko Padang juga telah membentuk Dewan Smart City Kota Padang yang terdiri dari para akademisi, praktisi, seluruh kepala OPD, camat, lurah dan relawan serta Tim Pelaksana Smart City Kota Padang.

"Maka itu, Pemko Padang berkomitmen penuh untuk merealisasikan program Gerakan 100 Smart City sesuai masterplan dan quick win Smart City yang akan dihasilkan melalui Bimtek kali ini. Semoga, dapat menciptakan penyamaan persepsi tentang Smart City, menampung ide dan menciptakan masterplan Smart City Kota Padang serta menetapkan quick win Smart City," tukasnya.

Baca juga: Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat

Hermen menambahkan, untuk ini Pemko Padang menaruh harap kepada Tim Pembimbing, anggota Dewan Smart City, Tim Pelaksana Smart City, seluruh OPD, camat dan lurah di lingkungan Pemko Padang dapat menyumbangkan ide dan pemikirannya dalam mendukung konsep Smart City di Kota Padang.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: