Solsel Dapat Bantuan Bibit Bawang Putih untuk 20 Hektare

Selasa, 26 Juni 2018, 23:39 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Solsel Dapat Bantuan Bibit Bawang Putih untuk 20 Hektare
Kabid Holtikultura, Dinas Pertanian Solok Selatan, Risa Herfina. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, melakukan pendataan terhadap masyarakat yang berminat untuk melakukan penanaman bawang putih untuk diberikan bantuan.

"Kami diinformasikan oleh pihak provinsi, akan ada bantuan pengembangan bawang putih untuk Solok Selatan seluas 20 hektare. Sebelum hal itu turun, kami menyebarkannya melalui media sosial dan minat masyarakat cukup tinggi sehingga penyuluh diminta mendatanya," kata Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan, Risa Herfina.

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) karena belum ditandatangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Dijelaskan, ini merupakan rencana pengembangan bawang putih yang pertama di Solok Selatan sehingga sebelum di ambil pihaknya menyebarkan informasinya kepada masyarakat.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Kami khawatir, tidak ada masyarakat yang berminat menanam bawang putih karena baru pertama kali, sehingga disebarkan dulu lewat media sosial agar bantuan tersebut bermanfaat dan anggarannya tidak kembali ke pusat," ujarnya.

Tanggapan masyarakat setelah disebar lewat media sosial cukup tinggi dan banyak yang bertanya bagaimana mendapatkannya baik melalui pesan singkat maupun langsung kekantor.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut masyarakat harus tergabung dalam kelompok tani dan membuat proposal permohonan.

"Setelah POK dan DPA turun kami akan umumkan dan masyarakat bisa memasukkan proposal untuk mendapatkannya," katanya.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Untuk wilayah Solok Selatan, ada tiga kecamatan yang cocok dikembangkan bawang putih. Tiga Kecamatan tersebut yaitu Sangir, Pauah Duo dan Koto Parik Gadang Diateh karena suhunya dinilai cocok.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: