KPPU Perwakilan Medan Sidak Sembako di Pasar Raya Padang

Senin, 04 Juni 2018, 17:40 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
KPPU Perwakilan Medan Sidak Sembako di Pasar Raya Padang
Kepala Bagian Penegakan Hukum KPPU Perwakilan Medan, Ridho Pamungkas bersama AKBP Yudhistira (Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumbar), melakukan sidak ke Pasar Raya Padang, Senin (4/6/2018). (humas)

VALORAnews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan pasokan dan jalur distribusi komoditas utama, menjelang hari raya Idul Fitri ke Pasar Raya Padang, Senin (4/6/2018).

Dalam sidak yang didampingi Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumbar, AKBP Yudhistira dan Disperindag tersebut menyasar bahan makanan pokok seperti beras,daging dan cabai.

Menurut Kepala Bagian Penegakan Hukum KPPU Perwakilan Medan, Ridho Pamungkas, harga bahan pokok di Pasar Raya Padang tidak mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa komoditi justru mengalami penurunan.

Harga beras Bukittinggi Rp14.000/kg, sementara beras dari Pariaman Rp11.500/kg. Cabai hijau dari Bengkulu, Rp15.000/kg, sementara cabai merah dari Pulau Jawa Rp18.000/kg turun dari minggu lalu yang mencapai Rp30.000/kg.

Baca juga: Komisi II DPRD Riau Pelajari Kiat Pengawasan dan Pengendalian Harga Pokok ke DPRD Sumbar

Bawang merah juga mengalami penurunan dari Rp35.000/kg menjadi Rp25.000/kg. Demikian juga dengan ayam potong dari Rp25.000/kg turun menjadi Rp 23.000/kg. Harga daging sapi sendiri, untuk daging beku Rp100.000/kg, sementara daging lokal Rp110.000/kg.

"Diperkirakan, harga akan meningkat, tiga hari menjelang hari raya. Terkait harga daging beku yang berdasarkan Harga Eceran Tertinggi (HET) dari Bulog hanya Rp 80.000/kg," AKBP Yudhistira mengatakan akan menyelidiki hal tersebut.

"Kita akan mencari tahu apa penyebabnya, apakah pedagang mendapatkan harga juga lebih mahal," terangnya.

Sementara, Hasan, salah seorang pedagang mengatakan, mendapatkan pasokan daging beku dari "toke" bukan dari Bulog.

Baca juga: Harga Sembako Jelang Lebaran Merangkak Naik, TPID Bukittinggi Turun Memantau

Daya Beli Rendah

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: