Pariwara Pemkab Solok Selatan: Muzni Zakaria Terima Opini WTP Kedua

Sabtu, 26 Mei 2018, 14:56 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pariwara Pemkab Solok Selatan: Muzni Zakaria Terima Opini WTP Kedua
Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat, Pemud Aryo Wibowo menyerahkan laporan opini WTP pada Bupati Solsel, H Muzni Zakaria, di Padang, Jumat (25/5/2018). (humas)

VALORAnews - Kabupaten Solok Selatan (Solsel) kembali berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017. Penghargaan ini diserahkan Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat, Pemud Aryo Wibowo pada Bupati Solsel, H Muzni Zakaria, Jumat (25/5/2018).

Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemud Aryo Wibowo mengapresiasi kinerja Solsel yang mampu mempertahankan raihan prestasi opini WTP untuk kedua kalinya tahun ini. Dijelaskannya, opini yang disampaikan BPK termasuk WTP, berasal dari kriteria-kriteri penilaian untuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan bagi LKPD.

Lalu didasarkan pada hasil penilaian Efektifitas Sistem Pengendalian Internal, Adanya Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) serta pengungkapan yang cukup.

"Prestasi ini kami harap jadi momentum untuk lebih baik bagi terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di setiap daerah di Sumbar. Sehingga, dengan itu akan jadi kebanggaan bagi kita semua," ungkapnya.

Baca juga: Bukittinggi Raih Opini WTP ke-11 Secara Berturut-turut, BPK: Segera Tindaklanjuti Rekomendasi Hasil Pemeriksaan

Opini yang disampaikan BPK itu, jelas Pemud Aryo, merupakan pernyataan profesional 'kewajaran' terhadap laporan keuangan. "Bukan 'jaminan' tidak adanya penyimpangan (fraud) yang ditemui atau kemungkinan penyimpanan lain di kemudian hari," jelasnya.

Sementara itu, Muzni Zakaria menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak, yang telah membantu Pemkab Solsel meraih prestasi terbaiknya dalam Opini Laporan Keuangan 2017. Pencapaian itu, kata Muzni, merupakan hasil kerja optimal termasuk di dalamnya berkah bulan suci yaitu bulan Ramadhan.

Baca juga: Agam Raih WTP Kesepuluh secara Berturut-turut, Bupati: Tak Banyak Daerah Mampu Seperti Ini

"Atas nama kepala daerah, bupati-Wabup Solsel, kami berterima kasih kepada semua pihak, terutama OPD-OPD yang telah bekerjasama dengan optimal siang malam, sehingga diganjar kembali dengan raihan WTP. Ini merupakan berkah bulan baik, bulan Ramadhan," katanya didampingi Sekkab Solsel, Yulian Efi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: