Nagari Sungai Kunit Gelar Tradisi Maarak Rajo

Kamis, 17 Mei 2018, 16:11 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Nagari Sungai Kunit Gelar Tradisi Maarak Rajo
Maarak Rajo prosesi budaya jelang bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Nagari Sungai Kunit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan. (diky lesmana/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Masyarakat Nagari Sungai Kunit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, gelar acara adat 'Maarak Rajo' (Arak-arakan Raja), Rabu (16/5/2018). Prosesi adat ini, merupakan tradisi turun temurun yang rutin digelar setiap tahunnya jelang bulan suci Ramadhan.

Rajo Rantau 12 Koto, Tantua Rajo Sailan mengatakan, prosesi ini diawali dengan arak-arakan niniak mamak yang diiringi tari-tarian tradisional beserta pencak silat dan membawa dulang yang berisi ramuan limau.

"Para datuak ini, menjemput rajo ke kediamannya. Kemudian, secara bersama-sama melakukan arak-arakan ke lokasi tempat balimau atau lokasi mensucikan diri yang berada di dekat pemakaman leluhur," katanya.

Setelah sampai di lokasi itu, rajo yang diikuti oleh ninik mamak, melakukan penyucian diri dengan cara mengusapkan air perasan limau atau jeruk tadi ke bagian kepala.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Setelah itu, diiringi oleh masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Penutup, saling berjabat tangan dan bermaafan," jelasnya.

Menyoal, filosofi dari perasan air jeruk itu dimaksud dengan pembersihan diri. Buah jeruk sejatinya menjadi buah yang dapat membersihkan kotoran. Jika diimplementasikan dalam kehidupan jeruk sebagai pembersih diri.

"Air jeruk tadi juga terdapat ramuan, akar alang-alang, akar rumput pilihan dan akar jeruk ditambah dengan ramuan laiinnya. Sehingga memiliki aroma yang wangi," ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar masyarakat di sini setiap tahunnya sejak zaman leluhur. Diperkirakan, telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Sementara itu, Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengatakan, kegiatan ini termasuk dalam kegiatan prosesi budaya yang telah teragendakan setiap tahunnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024